Mendefinisikan Homage

03 Juli

oleh Takamoru Yoshida

Menurut kamus, homage berarti penghormatan atau respek yang ditunjukkan kepada khalayak umum. Dalam dunia horologi, jam homage adalah sebuah jam yang desainnya bisa dibilang terinspirasi brand jam lain tanpa usaha untuk memalsukan.

Pro kontra antara jam homage dan jam replika memang menarik. Banyak yang tidak menaruh respek terhadap jam homage karena desainnya terkadang begitu mirip, dan hanya beda di merek saja. Ada juga yang lebih memilih mengenakan jam homage ketimbang replika walaupun harganya sama karena mereka tidak ingin memakai barang palsu.

Jam homage mungkin bisa dibagi dalam dua kategori. Pertama, yang dibuat oleh spesialis produsen jam homage seperti Alpha atau Parnis; dan yang kedua, mereka yang terinspirasi oleh model jam tertentu tanpa bermaksud meniru blak-blakan. Sebagai contoh, jam model pilot dibuat oleh berbagai perusahaan jam dari Stowa sampai Orient.

Nomos Tangente dan Stowa Antea KS mungkin termasuk dalam kategori kedua. Nomos dan Stowa, keduanya adalah produsen jam asal Jerman, memiliki desain jam serupa yang terinspirasi oleh gaya Bauhaus. Harga Stowa Antea KS adalah 980 euro, sedangkan Nomos Tangente 1540 euro. Sampai sekarang tidak jelas siapa yang terinspirasi siapa. Sementara, brand asal Tiongkok Seagull jelas membuat jam homage yang dijual dengan harga Rp 2,15 juta.

Nomos vs Stowa - gearpatrol.com
Seagull - machtwatch.co.id
Tentunya ada beberapa jam yang begitu ikonik sehingga ada yang kurang rasanya kalau mengenakan versi homage dari jam tersebut. Rolex Submariner, contohnya. Desainnya ditiru oleh banyak produsen jam, bahkan palsunya bertebaran. Sehingga menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bisa mengenakan Sub asli dengan jarum jam bergaya Mercedes Benz.

Steinhart vs Rolex - watchfreeks.com
Saya sendiri sampai sekarang belum memiliki sebuah jam homage. Saya berpandangan kalau jam homage itu layaknya musisi yang menyanyikan lagu tribute. Kadang berhasil, kadang tidak. Tapi mereka tidak melakukan pelanggaran. Yang jelas saya tidak berpikir untuk membeli jam replika atau palsu karena bagi saya lebih baik membeli jam asli merek lain daripada mengenakan jam palsu yang juga tidak memberikan rasa bangga.

You Might Also Like

4 comments

  1. Pertama, saya cukup terkesima dengan bertemunya saya dengan blog Anda. Saya selama ini selalu berkiblat ke tumblr blog Put This On atau Die Menswear jika mencari bacaan dan info mengenai gentlemen wear. Bisa dibilang, blog Anda memuaskan kerinduan saya dan harapan saya untuk Menswear di Indonesia.

    Mengenai jam Seiko SKX007, saya sendiri pun kebetulan sedang mencari jam "beater" yang Anda maksud tersebut. Saat ini, jam beater saya adalah Seiko 5 tahun 1980an dengan Automatic movement. Sedang berpikir untuk upgrade sedikit, dimana kah menurut Anda situs / lokasi / contact untuk saya mendapatkan Seiko SKX007 atau sejenis tersebut? Maklum, perihal horology saya masih sangat pemula.

    Terima kasih sebelumnya.

    Salam,
    Aldo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas pujiannya. Kami akan terus berusaha memberikan para pembaca info lebih dalam mengenai menswear. Soal SKX007, kalau Anda tinggal di Jakarta cukup langkahkan kaki ke Pasar Baru. Banyak toko jam di sana yang memiliki stok SKX007 dan juga SKX009 dengan bezel Pepsi, serta adiknya SKX013 yang berdiameter lebih kecil. Cara lain yang juga mudah dan pernah kami lakukan adalah membeli di Machtwatch. Harganya bersaing dan pelayanannya baik.

      Hapus
    2. Terima kasih atas balasannya! Saya akhirnya mendapatkan SKX009 dengan Pepsi Bezel beberapa waktu lalu. Sungguh puas dengan pembelian saya tersebut.

      Sekarang tinggal menemukan Nato Strap yang tepat. Karena pengalaman saya membeli hanya dari Ebay saat tinggal di Australia. Teman-teman di sekitar saya pun tidak memakai dan kurang tahu soal Nato Strap-- selain pemilik Daniel Wellington yang strap nya langsung mereka dapatkan.

      Apakah tim Archetype mempunyai pengalaman dalan mencari Nato Straps di Jakarta?

      Salam,
      Aldo

      Hapus
    3. Halo. Senang mendengar Anda puas dengan SKX009. Kami pernah beberapa kali membeli strap NATO di nzstrap.com. Harganya terjangkau dan kualitasnya lumayan baik. Memang SKX pantas dipadukan dengan strap model ini, baik nilon ataupun kulit.

      Hapus

Label

2015 2016 2018 abadi abu adidas aksesori all star antik argyle arloji asgar asia asli aturan badan bahan baju koko baju tikim bandung barbershop batik batu tulis bau bau kaki bau mulut bekas belah belanja bespoke betawi biru blake stitch blazer blok m bomber boot break brewok budaya bulu hidung buntut kuda button down canvassed cardigan cedar celana cerruti charcoal chief chino chromexcel chuck chukka clarks cokelat common projects conor mcgregor converse corrected grain cuaca cuff cukur custom daftar belanja dasi daytona definisi dekade denim department store derby desert boot detail dimensi dimple diskon diver double breasted dress shirt dress watch dry clean ekspektasi ekspresi ekuator elegan esensial etika film fit fitting floyd mayweather formal four in hand fred perry full grain fused gantungan garut gaya gazelle gentleman german army trainers goodyear welt grooming gulung h&m halitosis hamilton hanger harga harrington hati henry poole higienis hitam homage horologi horween hujan huntsman ide idul fitri ikat ikat pinggang iklim india indonesia inggris instagram interstellar ivy league jakarta jaket jaket denim jaket jeans jaket kulit jalan sriwjaya jam jam dinding jam tangan james bond jas jas abu jas biru jas hitam jas navy jeans joko widodo jokowi kaki kancing kancing bawah kantor kaos kaos dalam kaos kaki kaos polo karakter kasual katun kelengan kemeja kerah kerah mandarin kerja khas kingsman klasik knot koleksi kotak jam krem kualitas kuantitas kulit kumis kumparan kuno la la land lacoste laundry layrite leather lebaran lem lesung levis liburan linen loafer loake lokal london lou m&s mayestik meter militer millenial minyak rambut mod mood motif mr porter musim musim hujan musim panas nato strap navy new balance nike nilon northampton obama ocbd olahraga ongkos orient oris outfit oxford pakaian pakaian kerja pakaian pria palsu panas pangkas rambut parisian gentleman pasar baru pasar senen paul newman payung penampilan penatu penjahit perawatan jas perawatan sepatu permak pernikahan pertumbuhan pinstripe pocket square pokok pola polo pomade pompadour popover potongan presiden pria proses proyek puasa punk putih ralph lauren rambut rantai renang replika resmi resolusi respon pembaca review ritel rolex rompi rtw safari sale sandal saputangan sartorial savile row secondhand seiko semir sepatu sepatu lari seragam servis jam shoe tree side adjuster siluet simplea singapura skinhead sneakers sockless sogo sol sol karet sol kulit speedo sports jacket sporty stopngo strap suasana subkultur suede suit suitsupply sweater tailor tailored stories tali jam tali sepatu tasikmalaya tenun the jakarta post thom browne tinju tionghoa tip topi topside trademark travel tropis tubuh tui khim tuksedo tuxedo ukuran ulos undangan uniqlo vans vent vest vintage waistcoat wajib warna wingtip wol