Respon Pembaca: Permak Pundak Jas?

13 Mei

Tahun 2016 terasa lebih padat dibandingkan tahun 2015. Karena itu kami belum bisa menulis sesering tahun kemarin. Namun demikian, kami tetap berusaha untuk memberikan info-info seputar pakaian pria sebaik mungkin.

Kali ini, seorang pembaca bernama Dhany mengirim pertanyaan tentang permak jas. Sebuah pertanyaan yang mungkin bisa membantu banyak orang yang ingin memermak jas yang dibeli RTW, atau yang sudah tidak sesuai ukurannya. Kami juga menerima saran, kritik, dan lainnya melalui: askthearchetype@gmail.com

Perkenalkan, saya Dhany. Saya seorang fan dari blog Anda (Pakai Apa), karena saya hampir selalu mengambil referensi berpakaian dari informasi yang Anda tulis di blog Anda.

Meskipun dalam keseharian pekerjaan saya tidak mewajibkan memakai formal office attire, saya mempunyai jas yang saya beli sudah agak lama di Marks & Spencer. Karena kondisi badan sudah tidak sebesar dulu, jadi jas ini kelihatan sedikit kebesaran, terutama bagian pundak terlihat turun sekitar 1-2 cm (meski tidak kentara).

Saya mau tanya, apakah Anda ada referensi tailor untuk permak jas? Karena saya pernah baca bahwa untuk permak bagian pundak cukup sulit. Saya takut jika dibawa ke tailor biasa akan rusak. Akan tetapi, jas yang saya miliki adalah jas RTW dari department store yang harganya tidak seberapa mahal. Jadi jika tailor-nya juga yang terlalu sophisticated, harga yang harus dibayar mungkin agak kurang sebanding dari harga jas saya. Melihat hal ini, adakah tailor yang cocok dari segi kualitas dan harga?

Terima kasih atas perhatiannya.

Sebelum dan Sesudah Permak - styleforusuccess.com
Berdasarkan pengalaman, selama ukuran jasnya tidak berbeda jauh dengan tubuh Anda sekarang, maka permak bagian apa saja masih bisa dilakukan. Tapi, terkait dengan pertanyaan Anda secara spesifik, permak pundak adalah hal yang sebaiknya tidak dilakukan. Alasannya sederhana, konstruksi sebuah jas itu diawali di pundak sehingga memermak pundak artinya sama dengan memermak keseluruhan jas.

Secara detail, dengan memendekkan bagian pundak maka bagian badan pun perlu disesuaikan. Selanjutnya, bagian tangan pun perlu dipermak untuk menyesuaikan dengan bagian badan. Hal ini bisa dilakukan, namun tailor biasanya akan mengenakan ongkos yang relatif mirip dengan ongkos menjahit jas baru. Dan hasilnya pun kemungkinan besar tidak akan sebagus menjahit jas baru.

Apalagi Anda bilang kalau jasnya itu dibeli di M&S, yang dari segi harga tidak terlalu mahal. Sayang rasanya untuk melakukan permak pundak. Selain itu, kalau pundaknya lebih besar maksimal hanya 1 cm di tiap sisi (1 cm kanan dan 1 cm kiri), kami pikir jasnya masih bisa dipakai. Coba lihat di cermin apakah pundaknya terlihat sangat kebesaran. Kalau tidak, mungkin Anda bisa memermak bagian pinggang saja sehingga kelihatan lebih ada siluet. Ini bisa dilakukan di tailor mana saja. Tentu harga akan menentukan juga tingkat kerapian pengerjaan.

Beberapa tailor besar yang kami tahu (yang tertulis di Panduan Harga Tailor) tidak melayani permak saja. Kecuali kalau Anda memang pelanggan reguler mereka. Saran kami, Anda bisa mencoba ke Pasar Mayestik atau Pasar Baru untuk memermak pinggang jas. Coba saja tanya ke beberapa tailor dan pilih yang cocok dengan Anda.

Semoga jawaban kami membantu.

-Takamoru Yoshida

You Might Also Like

0 comments

Label

2015 2016 2018 abadi abu adidas aksesori all star antik argyle arloji asgar asia asli aturan badan bahan baju koko baju tikim bandung barbershop batik batu tulis bau bau kaki bau mulut bekas belah belanja bespoke betawi biru blake stitch blazer blok m bomber boot break brewok budaya bulu hidung buntut kuda button down canvassed cardigan cedar celana cerruti charcoal chief chino chromexcel chuck chukka clarks cokelat common projects conor mcgregor converse corrected grain cuaca cuff cukur custom daftar belanja dasi daytona definisi dekade denim department store derby desert boot detail dimensi dimple diskon diver double breasted dress shirt dress watch dry clean ekspektasi ekspresi ekuator elegan esensial etika film fit fitting floyd mayweather formal four in hand fred perry full grain fused gantungan garut gaya gazelle gentleman german army trainers goodyear welt grooming gulung h&m halitosis hamilton hanger harga harrington hati henry poole higienis hitam homage horologi horween hujan huntsman ide idul fitri ikat ikat pinggang iklim india indonesia inggris instagram interstellar ivy league jakarta jaket jaket denim jaket jeans jaket kulit jalan sriwjaya jam jam dinding jam tangan james bond jas jas abu jas biru jas hitam jas navy jeans joko widodo jokowi kaki kancing kancing bawah kantor kaos kaos dalam kaos kaki kaos polo karakter kasual katun kelengan kemeja kerah kerah mandarin kerja khas kingsman klasik knot koleksi kotak jam krem kualitas kuantitas kulit kumis kumparan kuno la la land lacoste laundry layrite leather lebaran lem lesung levis liburan linen loafer loake lokal london lou m&s mayestik meter militer millenial minyak rambut mod mood motif mr porter musim musim hujan musim panas nato strap navy new balance nike nilon northampton obama ocbd olahraga ongkos orient oris outfit oxford pakaian pakaian kerja pakaian pria palsu panas pangkas rambut parisian gentleman pasar baru pasar senen paul newman payung penampilan penatu penjahit perawatan jas perawatan sepatu permak pernikahan pertumbuhan pinstripe pocket square pokok pola polo pomade pompadour popover potongan presiden pria proses proyek puasa punk putih ralph lauren rambut rantai renang replika resmi resolusi respon pembaca review ritel rolex rompi rtw safari sale sandal saputangan sartorial savile row secondhand seiko semir sepatu sepatu lari seragam servis jam shoe tree side adjuster siluet simplea singapura skinhead sneakers sockless sogo sol sol karet sol kulit speedo sports jacket sporty stopngo strap suasana subkultur suede suit suitsupply sweater tailor tailored stories tali jam tali sepatu tasikmalaya tenun the jakarta post thom browne tinju tionghoa tip topi topside trademark travel tropis tubuh tui khim tuksedo tuxedo ukuran ulos undangan uniqlo vans vent vest vintage waistcoat wajib warna wingtip wol