Panduan Harga Tailor Jakarta 2015-2016

20 Mei

Pakai Apa sedang dalam proses meng-update harga tailor untuk menyesuaikan dengan harga tahun 2016. Terima kasih atas dukungan para pembaca selama ini.

Meskipun kemungkinan mayoritas pakaian kita didominasi oleh produk jadi (ready to wear), kebutuhan akan seorang penjahit tidak pernah pudar. Tidak perlu jauh-jauh. Coba saja sambangi pasar paling dekat dengan rumah Anda. Hampir bisa dipastikan ada tailor di sana.

Terlepas dari kemudahan membeli pakaian jadi (dan mungkin adanya kebanggaan memakai brand tertentu), sebuah pakaian hanya akan tampak bagus pada tubuh kita kalau potongannya pas. Dan kecuali Anda memiliki postur layaknya seorang manekin, umumnya pakaian jadi akan cacat ukuran di bagian tertentu. Panjang lengan atau lebar pinggang, misalnya.

Ukuran yang pas menjadi sangat penting terutama ketika kita memakai setelan jas. Di sini keahlian seorang tailor menjadi sebuah kebutuhan. Layaknya seorang dokter, anatomi tubuh Anda akan diperiksa. Postur Anda diteliti. Apakah bahu Anda tegap atau turun, apakah Anda berdiri tegap atau agak membungkuk, apakah posisi lengan Anda lurus atau sedikit mundur. Dari sini jas akan dibuat, disempurnakan sesuai dengan spesifikasi diri Anda.

The Beauty Tailor di Plaza Indonesia
Menyadari pentingnya kebutuhan akan tailor bagi seorang pria, kami dari Pakai Apa mengumpulkan informasi harga tailor di Jakarta untuk tahun 2015-2016. Daftar ini dibuat berdasarkan pengalaman, rekomendasi, dan popularitas tailor yang disebutkan. Kami akan berusaha untuk terus memperbarui atau menambah nama-nama tailor yang ada. Tentunya saran dan masukan dari pembaca akan sangat membantu. Dengan keterbatasan yang ada, kami belum bisa melakukan kunjungan ke kota-kota lain walau kami sadar bahwa keterampilan seorang tailor tidak mungkin hanya terbatas di ibukota saja.

Berikut ini adalah daftar harga tailor jas di Jakarta untuk tahun 2015-2016. Harga hanya untuk ongkos pembuatan jas saja (belum termasuk bahan). Diurutkan mulai dari yang harganya paling terjangkau:

Feng Sin
Feng Sin, di Gunung Sahari, menjadi bahan pemberitaan setelah membuatkan jas untuk Presiden Joko Widodo. Ongkos menjahit jas di sini Rp 2 juta menggunakan teknik lem (fused), dengan proses sekitar 2 minggu. Untuk teknik buntut kuda (full canvassed), ongkosnya Rp 4 juta dengan proses sekitar 20 hari.

Atang
Atang, di Pasar Baru, adalah anak dari Apin yang membuka bendera sendiri. Ongkos pembuatan jas di sini Rp 2,5 juta menggunakan teknik fused canvassed (memakai lem tipis untuk melapisi kain, baru memberikan lapisan buntut kuda untuk memberikan bentuk ke badan jas). Proses fitting dilakukan 1 kali dalam kondisi mentah (basted fitting), lalu menuju proses finishing.

A&E
Dengan konsep travelling tailor, A&E menggunakan teknik fused canvassed sebagai standar pembuatan jas. Ongkosnya Rp 2,5 juta dengan proses pembuatan sekitar 4 minggu. Fitting dilakukan 1,5-2 kali. Mereka juga melayani klien yang ingin menjahit jas dengan teknik buntut kuda, dikenakan ongkos tambahan.

Srivishnu
Srivishnu memiliki dua tempat, di daerah Sabang dan Pasar Baru. Untuk pembuatan jas dengan teknik lem ongkosnya Rp 2,5 juta. Untuk teknik buntut kuda, ada biaya tambahan Rp 1 juta sehingga total ongkos pembuatan jas menjadi Rp 3,5 juta. Prosesnya memakan waktu sekitar 2 minggu.

Elegante
Elegante, di Pasar Baru, dimiliki oleh anak dari Elegant. Ongkos menjahit jas Rp 3 juta, dengan teknik fused canvassed. Pada pembuatan pertama, Anda diharuskan membeli bahan dari mereka. Setelahnya, boleh membawa bahan sendiri. Agak disayangkan, mengapa mereka merilis brand bernama Kingsman.

Apin
Apin memiliki cabang di Pasar Baru dan Pasar Mayestik. Ongkos pembuatan jas menggunakan teknik lem Rp 3 juta, dengan proses 3 minggu. Sedangkan untuk teknik buntut kuda ada tambahan ongkos dan prosesnya pun lebih lama. Fitting dilakukan 1 kali. Anda bisa meminta mereka membantu mencarikan bahan jas kalau ragu mencari sendiri.

Syun Lee
Syun Lee terletak di Jl. Cikini Raya, Jakarta Pusat. Untuk ongkos pembuatan jas mereka memasang harga Rp 3 juta. Teknik pembuatannya menggunakan fused canvassed. Mereka mengatakan kalau memakai buntut kuda semua maka jas akan terasa berat. Proses pembuatannya memakan waktu sekitar 2 minggu. (http://pakaiapahariesok.blogspot.co.id/2016/03/syun-lee-pergi.html)

Simply Best
Simply Best di Jl. Balikpapan, Jakarta Pusat, mengenakan ongkos Rp 3,5 juta untuk pembuatan jas. Standar mereka menggunakan teknik fused canvassed. Prosesnya memakan waktu sekitar 2 minggu, dengan fitting mentah. Mayoritas klien mereka adalah pilot dari berbagai maskapai, dan juga pejabat pemerintahan.

Hariom's
Hariom’s memiliki dua lokasi di Pasar Baru dan satu cabang di Jl. Panglima Polim, Jakarta Selatan. Standar pembuatan jas mereka menggunakan teknik fused canvassed. Ongkosnya Rp 3,5 juta, dengan proses sekitar 2 minggu dan 1 kali fitting. Untuk teknik buntut kuda, ongkosnya Rp 6 juta.

Abie
Abie adalah tailor dari mantan menteri luar negeri Marty Natalegawa. Mayoritas pelanggan mereka berasal dari kalangan militer. Jas mereka menggunakan lem, tanpa buntut kuda. Proses pembuatan sekitar 10 hari dengan fitting 1-2 kali. Mereka memasang harga Rp 3,5 juta. Lokasinya terletak di Jl. KH Wahid Hasyim, tidak jauh dari Pasar Tanah Abang.

Hing
Hing berlokasi di Jl. Cideng Barat dan Barito, Jakarta Selatan. Tailor ini mengenakan ongkos Rp 3,5 juta untuk pembuatan jas dengan teknik fused canvassed. Proses pembuatan jas memakan waktu sekitar 2 minggu. Hing yang berlokasi di Barito memasang ongkos jahit jas Rp 4 juta. Sepertinya karena basis klien yang berbeda.

A Tham
A Tham, berpusat di daerah Ketapang, memiliki cabang di Plaza Indonesia dan Pondok Indah Mall. Semua teknik pembuatan jas di sini menggunakan lem, dengan ongkos Rp 3,75 juta. Untuk bahan wol yang lebih halus, ongkosnya Rp 4,25 juta. Mereka mengatakan sudah tidak menggunakan teknik buntut kuda lagi. Fitting dilakukan 1 kali dengan proses sekitar 3 minggu.

CYC
CYC, yang terletak di daerah Gajah Mada, memasang harga Rp 4 juta untuk ongkos jahit dengan teknik fused canvassed. Total proses pembuatan sekitar 2 minggu, termasuk fitting. Untuk teknik buntut kuda, mereka meminta tambahan ongkos menjadi Rp 4,5 juta.

A Thiam
A Thiam berada di Jl. Sukarjo Wiryopranoto, Jakarta Pusat, tidak jauh dari Batu Ceper. Ongkos pembuatan jas di sini Rp 4 juta. Mereka biasanya menggunakan teknik lem, tapi juga tidak mengenakan ongkos tambahan kalau pelanggan meminta buntut kuda. Kata mereka, banyak orang sekarang ingin memakai jas yang ringan, sedangkan jas dengan buntut kuda terasa cukup berat.

Wong Hang
Wong Hang memiliki banyak cabang di Jakarta, termasuk di Mangga Besar, Pondok Indah, dan Kelapa Gading. Mereka juga memiliki cabang di kota-kota besar lainnya seperti Surabaya, Bandung, Semarang, dan Makassar. Ongkos jahit jas di Wong Hang Rp 4 juta. Mereka menggunakan buntut kuda, tanpa lem. Fitting sekitar 1,5-2 kali. Prosesnya bisa memakan waktu sampai 1,5 bulan.

Brillington & Brothers
Brillington & Brothers adalah travelling tailor dengan basis lokasi di Kota Kasablanka. Pelanggan bisa membuat janji bertemu, di mana mereka akan membawakan contoh bahan dan melakukan pengukuran. Untuk ongkos jahit dengan teknik fused canvassed mereka mengenakan harga Rp 4,5 juta. Fitting dilakukan 1,5 kali.

Djie Fen
Djie Fen merupakan salah satu tailor tertua di Jakarta. Konon Bung Karno pun membuat jas di sini. Untuk ongkos menjahit jas, mereka memasang harga Rp 4,5 juta menggunakan buntut kuda tanpa lem. Proses pembuatan sekitar 2 minggu, dengan 1 kali fitting. Berlokasi di dekat stasiun kereta Sawah Besar.

Laxmi
Laxmi memiliki empat cabang, di daerah Pecenongan, Senayan City, Pacific Place, dan Kemang. Tailor ini populer di kalangan pejabat dan wakil rakyat. Ongkos membuat jas dengan teknik lem Rp 4,5 juta, sedangkan dengan teknik buntut kuda Rp 6,5 juta. Proses pembuatan sekitar 1 minggu sampai 10 hari. Fitting dilakukan 1 kali dalam kondisi jadi.

Exclusive
Exclusive terletak di Jl. Fatmawati, Jakarta Selatan. Kami dengar mereka memiliki hubungan dengan Kwong Tung. Ongkos pembuatannya Rp 4,5 juta dengan teknik fused canvassed. Prosesnya sekitar 2 minggu, dengan 1 kali fitting.

Lord’s
Lord’s yang berada di Plaza Senayan mengenakan ongkos Rp 5 juta untuk menjahit jas. Konstruksi yang digunakan dengan buntut kuda, tanpa lem. Proses pembuatan sekitar 10 hari, dengan 1-2 kali fitting tergantung postur klien dan bentuk jasnya.

Biak
Biak, seperti namanya, berlokasi di Jl. Biak, Jakarta Pusat, tidak jauh dari Roxy. Pembuatan jas mereka menggunakan teknik buntut kuda, tanpa lem. Perbedaan ongkos terletak pada jenis bahan yang dibawa. Untuk bahan wol biasa ongkosnya Rp 5 juta, sedangkan untuk wol yang lebih halus, seperti Zegna, ongkosnya Rp 6 juta. Alasannya karena metode pengerjaannya dan treatment ke bahan berbeda. Prosesnya memakan waktu sekitar 10 hari.

New Mico
New Mico terletak di Jl. Hayam Wuruk. Ongkos pembuatan jas di sini Rp 5 juta, dengan teknik lem. Mereka tidak menggunakan teknik lain lagi. Proses pembuatannya memakan waktu sekitar 1 bulan.

Kwong Tung
Kwong Tung adalah tailor yang populer di kalangan pejabat. Keluarga mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono adalah salah satu pelanggan setia di sini. Berlokasi di Jl. Pecenongan dan Arteri Pondok Indah. Kwong Tung menggunakan metode fused canvassed untuk standar pembuatan jas. Ongkos pembuatannya Rp 5 juta, dengan proses sekitar 3 minggu.

Brutus
Brutus yang lebih terkenal dengan fashion suit mengenakan ongkos Rp 5 juta untuk pembuatan jas. Menggunakan lem saja, tanpa buntut kuda. Fitting dilakukan sekitar 2 kali, dengan proses pembuatan memakan waktu sekitar 1 bulan. Berlokasi di Grand Indonesia dan Pinangsia.

Elegant
Elegant berpusat di Jl. Hayam Wuruk, dan memiliki cabang di Jl. Wolter Monginsidi. Semua teknik pembuatannya menggunakan fused canvassed. Perbedaan harga terletak pada bahan. Kalau Anda membawa bahan wol biasa maka ongkosnya Rp 6 juta, sedangkan untuk bahan wol yang lebih halus, seperti Zegna, ongkosnya Rp 7 juta. Perbedaan harga ini karena alat yang digunakan berbeda.

The Beauty
The Beauty, di Jl. Hayam Wuruk dan Plaza Indonesia, mengenakan harga Rp 11 juta. Tidak memakai lem, jas dibuat dengan lapisan buntut kuda. Mereka memberikan opsi bahan semi wool tanpa tambahan ongkos kalau klien mau. Tapi kami pikir, sayang bila ongkos jasnya sudah begitu tinggi tapi bahannya bukan wol 100% (atau campuran dengan bahan alami seperti mohair atau cashmere). Proses pembuatan sekitar 1 bulan dengan 1 kali fitting dalam kondisi jadi.

***

Akhir kata, kami berharap daftar harga ini bisa membantu Anda untuk mencari tailor yang tepat dalam membuat jas. Bukan hanya masalah harga, mencari tailor yang memahami dan mau mengakomodir keinginan Anda juga sama pentingnya. Tapi setidaknya daftar ini bisa menjadi acuan awal sebelum Anda melangkahkan kaki untuk mendapatkan jas yang sempurna.

You Might Also Like

207 comments

  1. Berniat menjahit kemeja batik di Wong Hang, barangkali tahu biasa mereka pasang harga/ Tksh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Weekend kemarin jahitin batik tenun di Wong Hang Pondok Indah. harganya 1.250.000

      Hapus
  2. Maaf kami belum bisa membantu soal jahit kemeja di sana. Yang kami tahu di Apin itu Rp 300 ribu. Sepertinya Wong Hang harganya bisa sekitar itu atau agak di atas. Terima kasih sudah membaca.

    BalasHapus
  3. Kebetulan sy mau bikin jas nih bro. Dr list diatas yg plg deket dr rumah di apin mayestik. Pernah bikin di apin bro? Hasilnya memuaskan gak ya? Btw itu 2.5 jasa aja ato udh sm bahannya sih bro? Thx

    BalasHapus
  4. Halo. Maaf baru lihat komentarnya. Semua harga yang ditulis itu hanya jasa saja. Kami belum pernah buat jas di Apin. Tapi sudah pernah melihat langsung kualitas buatannya. Cukup baik. Yang di Mayestik juga orangnya enak diajak berdiskusi. Untuk bahan bisa cari di Mayestik saja. Yang bagus beli 100 persen wol. Untuk merek tidak masalah apa saja. Semoga sukses.

    BalasHapus
  5. Thks atas info nya.
    Sudah pernah jahit jas di Hing?
    Bagus ga kualitas disana?
    Thks sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo. Kami belum pernah buat di Hing. Saran saja, kalau ingin buat di Hing mungkin bisa mampir ke Biak dulu untuk membandingkan kualitas. Semoga tipnya bermanfaat.

      Hapus
  6. Terima kasih bro. Saya sudah pernah mampir yang di biak dan kualitasnya memang bagus.
    Akan tetapi melihat harganya lebih dari 2x lipat makanya jadi mempertimbangkan ke hing. Thks.

    BalasHapus
  7. Untuk uang jahit budget 2-3jt. Kira2 rekomendasi yang paling bagus tukang jahitnay dimana bro? thks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada beberapa tailor yang menawarkan bahan dengan harga diskon kalau menjahit di mereka. Kadang lebih murah ketimbang kita membawa bahan sendiri. Tentunya tergantung kualitas bahan juga. Ini bisa jadi pertimbangan untuk memilih tailor.

      Untuk di range harga Rp 2-3 juta, saya belum pernah menjahit di Hing jadi tidak bisa memberi pendapat. Kalau Anda sudah pernah lihat Biak, coba bandingkan. Kalau kualitas tidak jauh saran saya boleh coba ke Hing. Saya pernah lihat kualitas jahitan Apin. Cukup rapi. Syun Lee juga sering disebut-sebut bagus.

      Yang penting juga, mencari tailor yang mengerti kemauan Anda. Mungkin mau potongan yang lebih modern, sedangkan si tailor biasa memotong potongan bapak-bapak. Ini bisa berujung ke hasilnya tidak cocok.

      Semoga membantu.

      Hapus
    2. Kalau google, ada Biak Tailor dan juga Biak International Tailor, yang 'asli' yang mana ya? Kalau hasil Biak Tailor dibandingkan dengan Gaya Tailor apa kira-kira bagusan mana? Thanks

      Hapus
    3. Setahu kami sama saja Biak Tailor. Coba saja telepon. Soal hasil, sepertinya lebih bagus Biak dari segi kualitas. Namun untuk potongan yang cenderung slim mungkin lebih bagus Gaya.

      Hapus
    4. Pengalaman saya jahit hasil di Gaya Tailor sangat mengecewakan. Komplain kustomer malah di balas dengan tindakan pembatalan oleh Gaya Tailor sehari sebelum acara. Padahal komplain saya wajar2 saja sebagai kustkmer melihat hasil yang jelek menurut saya. Semua terserah anda. Tapi saya bisa buktikan foto knp saya komplain hasil. Tapi malah dibatalkan. Padahal saya komplain masih falam batad wajar. Tidak berlebihan. Kalau boleh share...hati hati dengan taylor ini. Dan ini berdasarkan kisah nyata tanpa maksud menhjelek2 an apalagi fitnah. Baru kali ini saya diperlakukan pembeti jasa thd pelanggan. Kapok dan kapok saya mengenal Gaya Taylor dengan perlakuan yang menurut saya UN EDUCATED for services conpany.

      Hapus
    5. Pengalaman teman kami berbeda dengan Anda. Kalau ingin mengirimkan foto bisa ke: askthearchetype@gmail.com Kami bisa coba bantu melihat komplain Anda. Terima kasih atas informasinya. Salam.

      Hapus
    6. Aku bener2 nywesal deh baca komen2 buruk ttg gaya, kemarin diajak teman2 jait jas di gaya berame rame dgn harga diskon. aku google dan baca komentar ga jadi ikut deh. aku pengin jait jas yang bagus, sekalian untuk kerja jadi aku coba di tempat lain di psr bru, hrgnya lebih mahal tapi sampe hari ini uda fitting 3 kali bolak balik dalam 2 minggu belum selesai di perbaiki. Paha/pantat sempit, jas gada bentuk kotak..padahal body ku bagus. teman2ku yg jait di gaya sekali fitting uda pas sprti bintang hollywood... Sungguh buruk deh nasibku hari wisuda ku tinggal beberapa hari dan duit ku ga cukup utk jait jas baru.

      Hapus
  8. Betul.. Thks bgt atas sarannya bro.

    BalasHapus
  9. numpang nanya bro, aku rencana mau bikin jas bespoke, lg bingung pilih tailor.
    bisa recomendasikan tailor mana yang paling bagus, buat anak muda slimfit?
    thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pernah bikin di hing's 2 tahun yang lalu 6,5 juta udah sama bahan wool. Skrg ngga tau brp. Bikinnya di hings barito.
      Pelanggannya rata2 orang jepang.

      Hapus
    2. ok, ty. aku tadinya mau d harioms atau laxmi soalynya iklan sama websitenya liat professional banget, haha.
      tapi iya aku masi takut soalnya baru pertama kali mau bkin, bllm ada banyak pengalaman, bingung banyak pilihan.
      thanks

      Hapus
    3. Halo. Maaf baru balas sekarang. Tailor yang banyak menangani anak muda itu Brillington and Brothers dan Wong Hang. Bisa coba di mereka. Tapi ada baiknya kalau keliling dulu di beberapa tempat dan lihat hasil jas yang mereka buat. Anda bisa melihat apakah akan cocok atau tidak. Kami juga mendengar banyak anak muda yang puas dengan jas buatan Syun Lee. Semoga sukses.

      Hapus
  10. Salam kenal,
    Saya ketemu site ini http://www.indonesianmastertailor.com/members. Kalau melihat sejarahnya sepertinya standar kualitas anggotanya cukup tinggi ya. Bgmana kalau admin mensurvey n mereview kualitas nya ? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebagian besar dari anggota PTI di Jakarta sudah kami tulis di sini. Soal kualitas, mereka memiliki pengalaman bertahun-tahun dalam bisnis tailoring. Anda tinggal mencari yang gayanya sesuai saja. Terima kasih sudah membaca.

      Hapus
  11. Halo, numpang tanya kalau untuk alteration biayanya sekitar berapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biaya alteration bervariasi antara penjahit dan tingkat kesulitannya. Yang termudah adalah memendekkan lengan dari bawah (bukan dari bahu). Biasanya biayanya sekitar Rp 100 ribu. Selain itu, biayanya lebih tinggi.

      Hapus
    2. saya terkejut, mau pendekin lengan jas di A Tham 800rb! mau cancel tp tdk enak. Apes.

      Hapus
    3. Sebenarnya tidak usah merasa tidak enak kalau mau cancel. Mereka juga harusnya mengerti. Salam.

      Hapus
  12. Mau tanya soal fabric suit,
    "Bagusan zegna traveller atau Guabello?"
    Aku dapet 2 jawaban berbeda dari manager laxmi dan hariom dan keduanya nampak expert d bidangnya. Harganya pun juga berbeda, d situ zegna lebih murah, d sana Guabello lebih murah. Dan Mereka ber2pun harus order barangnya dari Italy juga sebelum bikin. Aku jadi go tau harus percaya siapa.
    Mohon pendapatnya yang mana lebih bagus? Ty

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keduanya bagus. Anda tidak akan salah memilih salah satu dari kedua bahan itu. Zegna Traveller bukan merupakan bahan termahal Zegna, tapi keunggulannya tidak mudah lecek. Pilih saja mana yang paling cocok untuk Anda dari pilihan warna, rasanya di kulit. Semoga jawaban kami membantu.

      Hapus
    2. Untuk bahan jas Zegna dan Guabello sebenarnya sudah kelas fine wool, dan mempunyai quality yang sama - sama bagus.
      Hanya sayangnya, kedua merk tersebut banyak sekali barang tembakannya atau palsunya.

      Kalau saya boleh sarankan, lebih baik gunakan bahan jas dengan merk Marzoni.
      Marzoni ini made in Italy dan juga sudah kelas fine wool.
      Sementara ini, bahan jas merk Marzoni belum ada palsu nya.
      Dan jika memang ternyata ada palsunya akan mudah sekali kita ketahui.
      Caranya adalah bahan tersebut bisa langsung di cocokan dengan buku katolog Marzoni.
      Jika ada di dalam buku katalog, maka bahan tersebut dapat dipastikan kualitas asli.
      Sekian dan terima kasih

      silvernblack_mensfashion

      Hapus
    3. Setahu kami yang memasukkan Marzoni di Indonesia hanya satu toko saja. Kualitasnya pun masih di bawah Zegna dan Guabello. Terima kasih atas masukannya.

      Hapus
  13. hi blog nya sangat informatif :) saya mau tanya tentang jahit jas di elegante, apakah kualitasnya sebanding dengan elegant?
    kalau hanya ada budget max 3 juta untuk ongkos jahit tuxedo wedding, mana yang paling disarankan?
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Elegant memiliki lebih banyak penjahit senior dibandingkan Elegante. Hal ini yang menyebabkan harganya berbeda jauh. Tentunya kalau Anda memiliki budget maksimal Rp 3 juta, tidak mungkin menjahit di Elegant. Kami bisa merekomendasikan untuk menjahit di Elegante. Terima kasih sudah membaca.

      Hapus
    2. hi, terima kasih untuk sarannya. tapi ternyata Elegant dan Elegante tidak bisa bawa bahan sendiri untuk pertama kali jahit, harus pakai bahan dari mereka dulu. kalau sudah kedua kali jahit baru boleh bawa bahan sendiri.
      dan ternyata banyak juga tailor jas yang cukup mahal tapi hasil jahitan di bagian shoulder nya tidak rapi (tidak lurus, agak naik ke atas)

      Hapus
    3. Ada sebuah seni yang bernama negosiasi. Mungkin bisa dicoba ke Elegante. Kalau tidak, Atang juga bisa menjadi opsi. Memang ada saja tailor terkenal tapi jahitannya kurang rapi. Agak disayangkan. Sebaiknya kalau menemukan hasil seperti ini Anda meminta untuk diperbaiki.

      Hapus
  14. Kemarin saya sudah lihat2x bbrp tailor di pasar baru. Saya punya kesimpulan pribadi ternyata tidak semua tailor yang punya "nama" (senior) itu sekarang ini hasil jahitannya memuaskan. Hal ini mungkin karena memang rata2x owner (penjahit aslinya) sudah pensiun dan yang meneruskan tailor tersebut kurang bisa menjaga kualitasnya (kurang ahli/pengalaman) karena memang yang namanya keahlian itu menempel di "orangnya" berdasarkan ilmu dan pengalaman (jam terbang) walau ada juga bbrp tailor senior yang tetap bagus kualitasnya. Btw apa ada yang pernah punya pengalaman jahit di Amar Tailor atau Seandy Tailor di Ps. Baru?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dibilang kalau jahitan tangan memang bervariasi tingkat kerapiannya. Kalau Anda bisa menilai hasil jahitannya bagus atau tidak maka Anda bisa mencari yang memiliki kualitas terbaik. Kami pernah melihat Amar dan mereka sendiri mengakui kalau mereka bermain di level pasar menengah ke bawah. Harganya kalau tidak salah masih di bawah Rp 1 juta untuk ongkos jahit.

      Hapus
  15. Hi The Archetype, thanks for sharing, good article.
    Anw, saya rencana mau bikin di brillington, keliatannya bagus buat anak muda, fit pas di badan. Disana bisa bawa bahan sendiri ga ya?
    saya rencananya mau bikin buat acara formal (party / mostly wedding-an tmn). Karena saya suka warna gelap, yg saat ini terpikir sih warna hitam atau dark navy, kira2 lebih pas yang mana ya? Trus ttg bahan, di artikel lain ditulis ada VBC, Dormeuil, Scabal, Zegna yang gampang dicari di jkt. Kira-kira untuk kebutuhan jas yang mau saya bikin, cocoknya bahan apa ya zegna atau apa gitu? saya blank ttg bahan. haha
    Trus ada rekomendasi ga beli bahan dimana yang ori n mgkn harganya lbh rendah? katanya sih di pasar baru n mayestik banyak, tp karena saya ga pernah ke tempat kaya gt, takutnya malah ketipu dapet yang palsu.

    Thank You

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saran kami lebih baik dark navy atau dark grey daripada hitam karena kedua warna tadi lebih enak dipadankan dengan warna lain pada dasi, pocket square, kemeja, dan sepatu. Brillington juga menawarkan bahan VBC, dan Dugdale Bros dari Inggris. Kami pikir lebih baik lihat dulu bahan yang mereka tawarkan baru memutuskan apakah ingin membeli bahan sendiri atau mengambil bahan dari mereka.

      Hapus
  16. Thank you buat infonya, very helpful.

    BalasHapus
  17. Bro, apa ada info tentang tailor yang oke di Bandung? Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, kami belum bisa membantu karena belum melihat langsung tailor yang ada di Bandung. Terima kasih sudah membaca.

      Hapus
  18. Halo, ingin tanya informasi mengenai winter coat (seperti jas biasa, namun panjang biasa sampai lutut atau lebih) ya. Seperti yang biasa dipakai orang2 bule ketika musim dingin. Apakah bahannya sama dengan jas2 yang dibuat di tailor2 di jakarta? Ataukah lain? Kalau lain itu lain bahan luar atau bahan dalam juga lain?

    Apakah ada tailor2 di jakarta yang mampu membuat winter coat? Terima kasih banyak atas infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mayoritas setelan jas memakai bahan worsted wool, yang lebih tipis dan halus dibandingkan bahan wol untuk coat. Bahan wol untuk coat umumnya tebal, seperti kasmir. Kalau yang Anda maksud bahan dalam adalah lining, biasanya setipe.

      Setahu kami di Laxmi dijual winter coat. Tapi kami pikir tidak perlu membuat winter coat di tailor karena harganya akan cukup tinggi. Tidak seperti jas yang penting dibuat sesuai bentuk tubuh, coat relatif kurang berbentuk. Di toko-toko di mal juga banyak dijual coat yang bisa dipakai untuk musim dingin. Zara dan Marks & Spencer, misalnya.

      Hapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  20. Bagaimana penilaian anda terhadap hasil jahitan jas elegante.... Kelebihan dan kekurangannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus. Mereka adalah keluarga tailor jadi sudah bergerak di bidang ini lama. Sulit untuk menilai kelebihan dan kekurangan mereka karena itu relatif. Yang pasti, selama Anda tahu ingin bentuk jas yang seperti apa maka mereka bisa mengakomodir keinginan Anda. Terima kasih.

      Hapus
  21. Ada kah yg pernah bikin suit di bie hin, bagus tidak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, kami belum bisa membantu. Mungkin pembaca lain ada yang bisa memberikan tanggapan.

      Hapus
  22. Gaya Tailor pasar baru jg oke punya sih... Barusan bikin jas dsana harganya jg masih trbilang murah jg... Kmrn bikin dsana cma kena 3jt udah sama bahan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, teman kami juga ada yang pernah ke sana. Hasilnya lumayan.

      Hapus
    2. Apa ada update tentang Gaya Tailor? Saya mendapat rekomendasi dari teman, dan menurut dia konstruksinya 'No Glue' asumsinya canvas...

      Hapus
    3. Ada teman kami yang pernah membuat suit di Gaya. Menurut kami cukup baik. Potongannya pas badan. Konstruksi menggunakan lem dan juga buntut kuda.

      Hapus
    4. Pengalaman saya gagal total di Gaya Tailot. Awalnya ramah. Tapi tiba2 membatalkan sepihak sehari sebelum acara hanya karena saya komplain hasil tidak pas di badan saya. Sangat mengecewakan menurut saya. Pembatalan sepihak sehari sebelum acara hanya karena komplain kustomer merupakan tindakan arogan yang tidak profesional.

      Hapus
    5. Terima kasih atas informasinya. Pembatalan sehari sebelum jadi cukup mengejutkan bagi kami. Semoga ada jalan keluar yang lebih baik. Salam.

      Hapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  24. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  25. Halo, apakah ada yang pernah jahit baju dgn agus lim? Ada info tentang hasil kerja dan juga harga jasanya? Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kami belum pernah menjahit dengan Agus Lim. Tapi memang banyak calon pengantin yang mengatakan puas dengan jas Agus Lim. Sepertinya harganya tergolong tinggi, di atas Rp 5 juta.

      Hapus
  26. Ulasan yang sangat informatif dan kebetulan pas dengan apa yang saya butuhkan perihal tukang jahit jas.

    BalasHapus
  27. Mas saya baru pesen jas di excellent tailor di jakarta selatan.. Ongkos plus bahan 3.5jt
    Ada review ga untuk toko jahit ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, kami belum pernah melihat langsung hasil dari Excellent. Semoga hasilnya sesuai dengan namanya. Salam.

      Hapus
  28. Sedikit share hasil buat jas di Apin:
    - Ongkos (teknik lem) 2.75 jt
    - Bahan (80% wool + 20% cashmere, warna abu2 tua) 1.75 jt
    - lama pembuatan 2 bulan (sepertinya bisa lebih cepat, hanya saya ditawarin utk diselesaikan belakangan agar berdekatan hari H penggunaan jas)
    - Saya bikin model slim fit, hasilnya oke dan sangat rapih. sedikit kekurangan mungkin di sleeve deket ketiak agak sedikit longgar, mungkin jika dikecilin sedikit jadi lebih cakep. tapi overall bagus. Fit di bahu, v shape di badan (samping) dan shape di punggung oke. Fit celana juga oke.
    - Plus saya bikin kemeja, dgn ongkos jahit saja 300 rb. bahan saya beli sendiri, kalo dari APIN hanya menyediakan yg harga 600 rb (utk satu kemeja). Hasil jahit kemeja sangat rapih, fit di badan pas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas informasinya. Sharing seperti ini sangat membantu pembaca lain pastinya.

      Hapus
  29. Mas, saya mau tanya, kemarin sempat liat2 bahan di alta moda pacific place, saya d tawari ongkos jahit full bubat 3jt,, yg ingin saya tanyakan, konstruksi jas full bubat ini seperti apa ya ?? Saya googling tpi tidal banyak informasi yg tersedia, selain itu untuk harga jasa 3jt apakah worth it ??

    Thanks before

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya baru mendengar istilah itu. Mungkin maksudnya full buntut (full canvassed)? Tapi untuk jas full buntut harganya relatif murah. Biasanya kalau ke Pronto Moda (masih satu grup dengan Alta Moda) di Mayestik akan disarankan untuk jahit di Apin. Coba Anda lihat hasil jahitan yang ada di Alta Moda Pacific Place. Kalau cocok, boleh coba jahit di sana. Kalau tidak, masih banyak pilihan lain dengan harga di kisaran Rp 3 juta. Salam.

      Hapus
  30. Boleh tahu ga total biaya buat jas (ongkos jahit + bahan materialnya) di tailor2 diatas? Bisa ga buat jas nya dlm 1-2 minggu sudah selesai? Ada yg pernah punya pengalaman buat jas selesai dlm waktu cepat paling lambat 2 minggu? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk waktu, sebaiknya Anda tanyakan ke masing-masing tailor. Kalau sedang tidak sibuk biasanya bisa selesai dalam waktu 2 minggu. Total biaya umumnya sekitar Rp 3 juta, tergantung bahan yang dipilih. Terima kasih.

      Hapus
  31. halo,apakah ada review mengenai penjahit borsalino melawai?tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo. Kami belum melihat langsung hasil jas Borsalino. Tapi di daerah Melawai sepertinya cukup direkomendasikan. Salam.

      Hapus
  32. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  33. Boleh tanya apa bedanya tehnik fussed dan full canvased ? Dan yang campuran ?
    Dan dari rekomen tailor diatas yang biasa menangani jas untuk oversize people ada rekomen yang tidak terlalu mahal ?

    Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teknik fused menggunakan lem untuk membuat lapisan depan jas agar berbentuk. Sementara teknik full canvassed tidak menggunakan lem untuk memberikan bentuk pada jas, tetapi menggunakan lapisan buntut kuda saja. Campuran dari kedua teknik ini adalah half canvassed, di mana di bagian dada menggunakan buntut kuda saja dan di bagian bawah memakai lem.

      Rasanya semua tailor bisa menangani berbagai bentuk tubuh manusia. Perbedaan harga ada pada tailor fee dan juga jumlah bahan yang digunakan. Untuk orang yang bertubuh besar tentunya akan memakai bahan banyak. Sehingga harganya lebih tinggi. Sebaiknya Anda berkunjung ke beberapa tailor yang harganya masuk budget.

      Terima kasih sudah membaca.

      Hapus
  34. Halo Saya sudah melihat beberapa tailor di atas dan hasil jahitanyya lumayan rapi. Kebetulan saya rencana mau menjahit jas untuk acara formal, namun untuk masalah bahan saya masih bingung beli dimana dan dengan kualitas apa. ada saran atau tips gak agar bahan yang kita beli asli dan kualitasnya baik.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kami pernah menulis soal membeli bahan di sini. http://pakaiapahariesok.blogspot.co.id/2015/12/membeli-bahan-berapa-banyak.html http://pakaiapahariesok.blogspot.co.id/2015/12/respon-pembaca-bahan-jas-dan-etika.html

      Semoga membantu.

      Hapus
  35. Ada yg punya review yg sudah buat di harioms, ataupun elegante ? boleh minta reviewnya dong. Tx

    BalasHapus
  36. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  37. Dear Pakai Apa,

    Ingin tanya, untuk di range harga 2-3 juta adakah yang cukup recommended? Saya bingung antara apin dan syun lee. Apin direkomendasikan oleh Pronto moda, namun tekniknya fused. Sedangkan syun lee, hybrid fused canvassed.

    Sementara sepengetahuan saya canvassed akan terlihat lebih baik di badan over the time. Kebetulan saya dapat bahan valentino.

    Mohon sarannya. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya tidak ada tailor yang melayani full canvassed di kisaran harga itu. Kalau lapisan buntut kuda di dada, mayoritas tailor memakainya juga. Untuk bahan Valentino (yang kemungkinan besar adalah wol campuran, sering disebut semi wol), teknik fused juga sudah cukup. Semoga membantu.

      Hapus
    2. Thanks for the info. Sure, no full canvassed utk price range tsb. Saya lebih kepada antara fused or half canvassed. So could you tell me please, where would you go if you were me with the same valentino?

      Hapus
    3. Sepengetahuan kami, banyak anak muda yang puas dengan Syun Lee. Kalau Apin, kami lihat potongannya cenderung agak tua. Elegante cocok untuk anak muda, tapi kalau tidak salah mereka tidak menerima kalau Anda membawa bahan sendiri.

      Hapus
  38. Halo, sy dlm waktu dekat akan ada perpisahan sekolah, dan ingin menjahitkan jas baru.
    Yg sy ingin tanya tailor mana yg recomended untuk buat half canvassed dan bahanya beli dimana? Lebih baik grey atau navy/midnight blue? Model apa yg lebih baik? Tuxedo, atau suit biasa dengan vest (3 pieces suit)?
    Budget 2-3 jt, thanks before and after

    BalasHapus
    Balasan
    1. Navy atau grey, terserah selera Anda. Pilih mana yang lebih cocok dengan warna kulit dan juga kepribadian Anda. Model pilih yang sederhana agar bisa dipakai lain waktu, tidak hanya untuk perpisahan sekolah. Two buttons, notch lapel, double atau single vent, flap pockets. Tidak perlu dengan vest karena terlalu formal. Tuxedo apalagi.

      Saran kami, cari tailor yang biasa menangani anak muda agar potongannya lebih ramping. Coba cek beberapa toko yang ada di tulisan yang sesuai budget Anda.

      Terima kasih.

      Hapus
  39. Halo, ada yg pernah coba suit buatan Bliss Bridal Tailor di Harco Ps Baru?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kami belum pernah. Ada pembaca yang bisa membantu?

      Hapus
  40. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  41. Baru baru ini saya bikin jas di CYC tailor jalan gajah mada.
    - Model single breasted, 1 kancing, slim fit.
    - bahan wool (kata penjual sih 100% wool, saya kurang ahli dlm melihat mutu kain karna masih awam. pakai bahan kain dari CYC, tdk beli di luar)
    - 2x fitting, satu di awal, satu di pertengahan.
    - pengerjaan kurang dari 2 minggu (mungkin karna customer sedikit)
    - harga total 6.75 jt untuk 1 jas dan 1 celana panjang(termasuk biaya jahit, bahan dll)
    - Hasilnya lumayan bagus, finishing kurang bsrsih (masih ada benang jahitan yg tertinggal. overall cukup puas. jasa permak gratis.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  42. Halo The Archetype, dan pembaca blog ini.
    ada yang tau contact number Syun Lee Cikini ga ya, selain yg (021) 31922948?
    Saya November kemarin bikin jas di Syun Lee, uda fitting 2 kali, nah pas Januari mau ambil tokonya tutup sampe sekarang. Ada info mungkin? Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo. Terakhir kami dengar kalau pemilik Syun Lee itu sakit. Mungkin itu sebabnya tokonya tutup. Atau mungkin juga sedang tutup karena liburan Imlek. Semoga informasinya membantu.

      Hapus
    2. Pantesan saya cari2 kenapa ga ketemu toko nya

      Hapus
    3. Info dari toko sekitar, owner syunlee meninggal Januari lalu, dan tokonya tutup sejak saat itu. Kalo ada pelanggan Syun Lee yg masih bisa kontek keluarganya, bisa di share disini mungkin. Thanks.

      Hapus
  43. Permisi admin...mau tanya tempat kursus jahit jas yg bagus di mana yah...yg mengajarkan membuat jas dengan tehnik buntut kuda...trimakasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf kalau untuk itu kami kurang tahu. Mungkin Anda bisa coba bekerja di salah satu tailor?

      Hapus
  44. min, mo nanya, klo elegante dan elegance yang di pasar baru itu sama2 dengan elegant yg di hayam wuruk ya?

    BalasHapus
  45. Hati hati menjahit jas di Gaya Ria Taylor Pasar Baru dgn RICKY sang manajer. Teknik fitting kategori jas dilakukan dlm kondisi 100% jas sdh jadi Hal ini sangat riskan. Pengalaman saya fitting yg umumnya masih mentah untuk menjaga kualitas bahan apabila perlu prtbaikan berbeda di taylor ini. Jas sudah 100% jadi mrk kategorikan fitting. Hasilnya. Jas gembung sana sini tidak karuan. Alhasil harus bongkar habis. saya komain. Yang menyesakan. Ricky sbg manajer sangat arogan. Hanya dengan komen Tidak usah bayar kalau gak mau juga gak rugi. Masih bisa saya jual ! Suatu pelayanan yang sangat dibawah standard. Sangat unrecomended. Silakan nencoba kalau tdk petcaya.

    BalasHapus
  46. Saya telah menjadi langganan Gaya Tailor di pasarbaru selama 8 tahun dan selama 8 tahun tidak ada complain satu pun mengenai fitting dan mutu jas Gaya tailor. PAK Ricky akan meniliti jas sampe fittingnya bener bener mantep baru bisa diambil. Orngnya sabar ramah dan fleksible. Saya agak bingung melihat artikle ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya hanya share dan menceritakan pengalaman. Dari banyak jas yang dijahit skali order utk jas acara seragam keluarga tetpaksa dipakai terlebih dahulu dengan berbagai kekuranganya. Dan untuk kemudian diperbaiki setelah acara. Suatu pengalaman fakta tanpa maksud men jelek2 an siapapun. Silakan share WA no anda akan saya kirim hasil jahitan modelbGaya yang jadi Tak ber Gaya.Suatu pengalaman mengecewakan se umur2 kami menjahit jas. Trima kas8h

      Hapus
  47. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  48. Mohon maaf saya hanya menceritakan fakta dan pengalaman. Dari srkian banyak jas yg di order ke Gaya Tailor terpaksa harus dipakai dahulu dengan segala kekurangannya. Dan dengan ringannya berkata nanti setelah acara akan kami perbaiki lagi. Suatu pengalaman pahit bagi kami menjadi pelanggan taylor Gaya. In8 hanya sharing pengalaman pribadi. Kalau yg lain merasa cocok silakan saja. Tak ada yang mrmaksa. Saya bisa buktikan hasil jahitan dengan PM jika berkenan. Hasil jahitan tidak jadi saya ambil dan pengalaman pahit pettama kali selama lebih 30 thn menjahit jas di kawasan pasar baru. Trima Kasih.

    BalasHapus
  49. Pak archytepe. Mau tanya. Baik ah kalau fitting sudah 100% jadi. ? Kalau menurit saya fitting masoh 40-60% shg apabila ada perubahan yang signifikan tidak terlalu membongkar jas yang sudah permanen. Saya mohon bantu istilah definiai fittingm apakah kalau jas sudah jadi 100% datang kembali setelah ukur itu do kategorikan fitting ? Apakah tidak beresiko apabila ada hal hal penting yg petlu dirubah shg merusak bahan ? Mohon info.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau fitting sudah 100% jadi sebenarnya hanya sedikit ruang untuk membenarkan. Ini akan jadi masalah kalau ingin ada perubahan total. Baiknya dilakukan fitting mentah untuk memastikan apakah ukurannya sesuai yang Anda inginkan. Tidak semua tailor menawarkan fitting setengah jadi. Kalau memang ditawarkan maka opsi itu sangat baik. Salam.

      Hapus
  50. Maksud saya. Datang ke taylor. Ukur. Disuruh fitting 1 mg. Pas datang utk FITTING ternyata jas sudah jadi 100% dan permanen. Apakah ini tidal betesiko merusak bahan apabila perlu revisi ? Apalagi jika bahan mahal. Mohon advis

    BalasHapus
  51. Saking kecewa nya dengan Gaya Taylor yang memutus kontrak hasil sehari sebelum acara secara sepihak....hanya dengan alasan saya kecewa dengan hasil yang tidak sesuai harapan....pantaskah komplain kustomer yang menurut teori adalah Raja....dibalas dengan pembatalan order oleh penjahit hanya sehari jelang acara ? Profesionalkah servis semacam itu. Saya berani memberi contoh hasil karya Gaya Taylor jika di ijnkan di Forum ini tks

    BalasHapus
  52. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  53. Saya punya pengalaman yang berbeda ttg GAYA...saya pernah di jahitkan sama boss saya stelan jas, sebagai hadiah perkawinan untuk pernikahan di salah satu tailor ternama di jaksel ..Saya sangat senang namun harus jahit satu lagi jas sendiri untuk acara martumpol. Karena budget saya limited saya tidak bisa mesen sendiri di tailor yang sama. Saya dan calon saya cari2 jas di pasar baru...kami langsung masuk GAYA. Pas waktu itu tokonya ramai sekali dan yang pada fitting juga Pakaianya pas dan senang. setelah cocok dengan bahan dan warna Kami lasung deal dengan harganya 2.500.000 dengan kemeja dasi dan saputangan yang di matching kan designernya. Saya minta tolong jas martumpol nya harus selevel jas pemberkatan.
    Setelah sebulan saya coba jas perkawinan yang dari boss...yang menurut gue hasilnya lumayan OK OK aja. Yang tidak saya ekspektasi jas dari GAYA jauh lebih luar biasa dari yang jas pemberkatan saya.perbedaannya di ukurannya bikin saya kelihatan lebih slim dan tinggi...dengan jas pertama saya kelihatan berisi. Saya minta tolong sama designer di gaya untuk ganti ukuran jas yang saya dapat hadiah untuk di rombak. L.S

    BalasHapus
  54. Sepertinya komentar tentang Gaya cukup variatif. Ada yang sangat kecewa, ada yang puas. Kami tidak akan membatasi komentar atas pengalaman para pembaca dengan tailor-tailor yang ada, selama dilakukan dengan cara yang pantas. Menurut kami ini bagus untuk saling berbagi informasi. Terima kasih.

    BalasHapus
  55. Yang mengecewakan adalah tindakan TIDAK PANTAS MEMBATALKAN DARI PIHAK TAYLOR hanya SEHARI sebelum acara. Dan hal ini dilakukan hanya katena komplain krn kustomer merasa kurang puas. KALAU ADA YANG MAU AMBIL RESIKO DIBATALKAN TAYLOR karena Komplain jelang acara Ya silakan NEKAT dicoba. Dan siapapun akan Menilai tindakan pembatalan SEPIHAK dari pihak TAYLOR adalah Hal yang MELANGGAR ETIKA PELAYANQN. Jadi bukan masalah bagus tidak bagus. Jelek tidak Jelek. Tapi lebih masalah ETIKA PELAYANAN. Kalau ada yg brani ambil resiko spt pengalaman saya silakanencoba. Saya rasa ua bisarnilai bhw pelayanan EMOSIONAL kpd klien adalah Tidak pantas. Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bos, saya tau kekesalan anda
      Tapi bos juga harus tau, kalau disini bukan tempatnya bos curhat hal yg sama berulang-ulang
      Saya yg liat komplenan bos, dari awalnya bersimpati malah jadi jengah sendiri
      Kalau bos gak puas tinggal datang GAYA dan komplen disana sepuas bos
      Kalau masih kurang, bikin surat pembaca di surat kabar, sertakan bukti-buktinya

      Hapus
  56. bro, kayaknya pembaca blog ini udah paham sama pengalaman buruk loe sama gaya tailor. nggak perlu diulang2 terus. justru diulang2 sampai banyak typo krn semangat menggebu2 cuma bakal menurunkan kredibilitas dan objektivitas loe. u got bad service dari gaya tailor, oke we get it. bukan berarti orang lain nggak punya pengalaman lain yg baik dgn dia. juga bukan berarti orang lain (calon pelanggan) pasti aka mengalami perlakuan yg buruk juga. pengalaman loe dah di share, biar publik yang memutuskan. Move on, yuk share pengalaman lain biar lebih helpful. nih contohnya, gw denger nih Mico Tailor fatmawati recommended, gimana reader lain ada yg punya pengalaman nggak di sana?

    BalasHapus
  57. semua saran, pertanyaan dan jawaban sangat membantu tks to admin and all

    BalasHapus
  58. Wahhhh saya baru baca blog ini.Masukan dari gue awal tahun ini membuat jas di Gaya tailor dan hasilnya dua jempol dech!!! Biasa gue langganan Apin tapi baru nyoba Gaya dan hasilnya mantep . Cut dan fitting nya bener bener slim di badan gue. Mico tailor blom denger si karna gue jarang ke selatan brow.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Anonim (3 apr 20.49) bole tau harga berapa anda jahit dan berapa kali fitting? aku dengar banyak tentang GAYA dari teman kalangan pengacara. setahu saya ini tailor uda lama banget tapi milih low profil dan belum pernah masang iklan.

      Hapus
  59. mau tanya min..ada yg pernah buat jas
    di michael harey's
    hasilnya bagus tidak ya untuk potongan jas model yg slim fit??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, kami belum pernah mendengar nama itu. Mungkin ada pembaca lain yang bisa membantu?

      Hapus
  60. Halo, sekedar infomasi saja, saya tadi barusan dari Wong Hang. Jasa jahit mereka sudah naik menjadi 5juta untuk 2pcs jas.

    Mungkin sudah saatnya admin web ini mengupdate harga jasa tailor untuk 2016. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang ini sudah ada di dalam rencana kami. Sayang karena kesibukan jadi agak terhambat. Terima kasih atas masukannya.

      Hapus
  61. Halo. Mau nanya apa harga untuk bikin long dress wanita masih berkisar di harga harga yg disebutkan? Atau lebih murah?

    Oiya kalau boleh ada rekomendasi jahit kemeja dengan budget dibawah 500 udah sama bahan (linen) dimana ya?

    Thank you

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo. Sepengetahuan kami, untuk long dress wanita yang lumayan setidaknya ongkosnya mulai Rp 500 ribu. Tentunya tidak termasuk gaun pengantin yang ongkosnya jutaan rupiah. Untuk kemeja linen bahannya bisa dibeli di Pronto Moda. Coba saja bawa ke tailor yang kami sebutkan di tulisan. Seingat kami ongkos menjahit kemeja di kisaran Rp 300 ribu. Terima kasih.

      Hapus
  62. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  63. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  64. Halo min, mau tanya, kalo budget 3jt(lebih sedikit gpp) udah sama bahan, jahit yang recommended dimana?
    Elgante Ok gak min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Min kalo budget 3jtan mending buat jas di elegante atau apa ada yang lebih recommended di pasar baru dengan budget segitu?

      Hapus
  65. min kalau tempat penyewaan jas yang harga standard di pasar baru ada ga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, kami kurang tahu kalau tempat sewa jas. Mungkin bisa coba ke sana saja dan tanya beberapa toko. Salam.

      Hapus
    2. Bisa coba cek ig suitaddict gan, jasa persewaan jas
      Semoga membantu

      Hapus
  66. Halo, mau tanya itu biaya nya Wong Hang turun ya? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo. Kami belum meng-update harga Wong Hang. Mungkin dalam beberapa hari ini. Terima kasih.

      Hapus
  67. mau nanya dong, kalo alterasi jas dimana yah? yang mumpuni kalo bisa karena ini beli di luar dan perlu diilangin collar roll nya (bukan lapel roll), sleeve dipendekin dari bawah, waist digedein sedikit sama panjang jasnya dipendekin...

    ada saran?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertama, kami harus mengatakan kalau sepertinya Anda tidak membeli jas yang tepat. Collar roll termasuk dalam kategori sulit untuk dipermak. Kami pikir kebanyakan tailor akan enggan untuk membongkar bagian pundak untuk memperbaiki ini. Untuk lengan dan pinggang bisa dilakukan dengan cukup mudah. Memendekkan panjang jas akan berpengaruh ke balance dari jas itu. Mungkin kalau hanya 2-3 cm tidak akan terlalu kelihatan.

      Untuk tempatnya di mana. Mungkin Anda bisa mencoba beberapa tailor yang disebutkan di artikel. Coba saja hampiri yang dekat dengan tempat Anda. Semoga mereka bisa membantu. Kami kurang bisa menyarankan tailor mana yang bisa melakukan permak sebanyak itu.

      Hapus
  68. halo mau tanya dong, yg melayani jahit sekaligus pilihan bahannya apa saja ya? lalu jika ingin membuat blazer / atasan saja bisa atau tidak? rekomendasi untuk potongan yang slim dan modern?

    trims.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mayoritas tailor juga menawarkan bahan. Variasinya beragam, tergantung masing-masing tailor. Mereka juga bisa membuat blazer saja. Kami menyarankan untuk mencoba menghubungi dulu beberapa yang sesuai budget Anda. Pilih mana yang paling Anda rasa cocok dan mengerti keinginan Anda. Terima kasih.

      Hapus
  69. Thanks info nya, informatif bgt, bbrp bulan kedepan saya juga mau buat jas wedding sih.. kalau boleh tau ada info tdk tailor yang gaya jahitannya jatuhnya agak slim fit.. soalnya badan saya agak gemuk, jadi mau cari model dan tailor yang hasilnya bisa buat badan saya keliatan lebih slim.. thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya kami sudah membalas sebelumnya. Tapi mungkin tidak terkirim. Anda bisa mencoba di antara A&E, Elegante, Brillington, Laxmi. Mereka paham gaya yang Anda inginkan. Salam.

      Hapus
  70. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  71. Halo Pakai Apa,

    Pernah ada pengalaman menjahit kemeja French cuff?

    Kebetulan kemeja RTW jenis tersebut yang pernah saya coba belum memuaskan ukurannya, terutama di bagian panjang lengan karena seringnya terlalu pendek. Mungkin karena memang potongan badan saya juga pada bagian lengan terlalu panjang.

    Jika pernah, mohon info tempat yang direkomendasikan ya.

    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mayoritas tailor bisa membuat kemeja French cuff sesuai dengan tubuh Anda. Hubungi saja mana yang sesuai dengan budget. Karena gaya setiap individu berbeda, kadang sulit untuk memberikan rekomendasi. Terima kasih.

      Hapus
  72. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  73. Lg cari2 buat jas wedding
    Baru tanya2 ke wonghang sm brilington
    1.Di wonghang paketannya (jas celana,kemeja,rompi,dasi,sarung tangan)
    -bahan wool itali hugoboss 8.720.000
    -bahan wool itali versace 7.650.000
    -bahan wool england dormeuil 6.520.000
    Beda nya bahan2 ini apa ya? Recomend yg mana ya?
    2.brilington
    Katanya d tlp harga untuk jas n celana saja bahan wool vbc china range harga mulai 7jt an.. kalau bahan wool italy range 9-18jt an...
    Need advise dari senior2 disini..budged sih pengen under 10jt n model jgn jadul hehe thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo. Terima kasih atas info harganya yang sangat detail. Pasti membantu pembaca yang lain.

      Kalau melihat bahan yang ditawarkan Wong Hang, sepertinya itu wol campuran. Kami menegaskan kata "sepertinya" karena kami tidak yakin benar dan tidak ingin nanti dibilang menjelekkan tailor tertentu. Tapi kalau dugaan kami benar, tidak masalah memilih bahan yang mana karena kualitasnya hampir serupa. Untuk Brillington, kami juga baru mendengar soal VBC China. Setahu kami bahan VBC dibuat di Italia. Mungkin bisa dicek lagi ke mereka apa ini bahan wol bukan VBC tapi memiliki kualitas hampir seperti VBC?

      Selain mereka, mungkin Anda juga bisa menghubungi tailor A&E atau Elegante?

      Hapus
  74. Dear Archetype,

    Blognya informatif bgt.
    Saya baru tau masih ada tailor jas yg biayanya dibawah 5jt.
    5 tahun terakhir saya selalu ke Brutus tp ongkos jahitnya naik terus sampe saat ini 5jt tanpa bahan.
    Selama ini hasilnya sih bagus karena mereka bisa bikin bodyfit dan nyaman dipakai. Tp juni lalu saya jahit hasilnya kurang pas dan ada kesalahan yg ga mungkin di revisi karena dah dekat sm acara. Memang jahit yg terakhir ini saya tidak pernah bertemu ownernya, hanya staff nya aja, mungkin dah terlalu rame orderan jadi dah ngga hands-on lg. Jadi saya memutuskan utk cari tailor baru yg lebih affordable. Dari baca blog ini saya sempat tertarik sm Syun Lee, tp setelah lanjutin baca, ternyata dah tutup.
    Saat ini saya punya bahan Linen buat jas. Ada saran tailor mana yg biasa buat jas Linen dengan cutting cukup modern?

    Please advice

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo. Terima kasih sudah membaca blog kami. Kalau untuk cutting yang terbilang modern klasik Anda mungkin bisa mencoba A&E, Elegante, atau Brillington. Linen bahan yang bagus untuk dipakai di iklim Indonesia ini. Salam.

      Hapus
  75. Halo The Archetype,

    Boleh tolong informasinya untuk contact number dari AE Tailors? Karena saya coba menghubungi via email di IG nya tidak bisa.

    Informasi tambahan saja:

    Untuk walking method tailor biayanya mulai 12 jutaan termasuk bahan, showroomnya blm jadi tapi ada di daerah kedoya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo. Setahu kami mereka bisa dihubungi via email tersebut. Atau mungkin bisa coba via Instagram saja dengan meninggalkan komentar?

      Kami belum sempat melihat hasil Walking Method. Terima kasih atas info harganya. Untuk harga mulai Rp 12 juta seharusnya sudah mendapatkan bahan wol 100%, menurut kami.

      Hapus
  76. Permisi agan, mau nanya nih, kalo bikin jas gakuran / basofi pakai bahan jet black akan terlihat bagus gak? Ato engga ada bahan yang lebih recomended untuk membuat gakuran?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo. Menurut kami pantas saja. Selain itu, bisa pertimbangkan warna abu-abu gelap juga. Terima kasih.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Terima kasih sebelumnya, Mau nanya lagi gan,saya ingin membuat jas formal kancing 2 + celana formal, pakai bahan semi wool warna hitam half canvas, kira kira ada tailor yg recomended gak di daerah jaksel dengan budget 1,5-2jt ? Salam

      Hapus
    4. Halo. Terus terang agak sulit dengan budget seperti itu. Apalagi kalau sudah termasuk bahan. Mungkin Anda bisa mencari di daerah Mayestik. Salam.

      Hapus
  77. halo the archetype..

    mohon informasinya untuk brand bahan guabello super 150s
    yang dijual di group a*ta m*da apakah asli?

    dan di level manakah brand tersebut?

    thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo. Kami belum melihat langsung jadi tidak bisa memastikan asli atau tidak. Sepertinya Guabello yang dijual di sana asli kalau berdasarkan pengalaman kami sebelumnya. Mereka juga menjual bahan semi wool dengan berbagai merek "tembakan", seperti Boss, Armani, Gucci, dan sebagainya.

      Kalau benar Guabello 150s asli maka kualitasnya bagus, di atas VBC. Kami bisa merekomendasikan bahan ini untuk menjadi jas yang bagus dan bisa dipakai lama. Semoga kami cukup membantu.

      Hapus
  78. Apakah fused canvassed sama dengan half canvassed?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Adrian. Tidak semua jas dengan konstruksi fused menggunakan half canvassed. Ada juga yang hanya memakai sedikit saja di bagian dada atas. Semoga kami bisa membantu.

      Hapus
  79. Mohon pencerahan.. kalau mau jahit batik, yang bagus d mana? Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mayoritas tailor yang kami sebutkan bisa menjahit batik dengan bagus. Mungkin bisa mencoba di Apin walau kalau tidak salah ongkosnya cukup tinggi. Yang lebih bersahabat harganya mungkin Elegante atau A&E.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
  80. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  81. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  82. hai The Archetype

    apakah bisa di informasikan mengenai Rekha's Tailor Plaza Indonesia?
    berapa ongkos jait disana?, dan teknik serta bahan apakah yang umum digunakan untuk pembuatan jas di rekhas's?

    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, kami belum sempat mengunjungi mereka. Yang kami tahu kebanyakan klien mereka adalah pejabat. Terima kasih.

      Hapus
  83. Halo saya mau tanya apakah budget 1jutaan untuk membuat jas ada tempat yg rekomen? Thanks sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya sulit untuk membuat jas yang bagus dengan budget sebesar itu. Kami lebih menyarankan untuk menaikkan budget dan membuat jas yang betul-betul bagus. Terima kasih.

      Hapus
  84. Halo, saya mau tanya untuk jahit kemeja french cuff dimana yg rekomen dan budget tidak terlalu mahal, saya sdh tanya di 2 tempat di atas harga rata2 sekitar 500 rb utk jasa menjahit..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo. Kalau tidak salah di Feng Sin, Atang, dan A&E masih di bawah Rp 500 ribu untuk ongkos jahit kemeja. Coba hubungi mereka saja. Terima kasih.

      Hapus
  85. Maaf, apakah mico tailor yang di daerah fatmawati sama dengan mico tailor yg disebut di artikel ini? Bagaimana kualitas mico tailor yang di fatmawati ya? Admin atau teman-teman yang lain memiliki pengalamankah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo. Terakhir kami tanyakan ke Mico di Hayam Wuruk, katanya tidak memiliki cabang. Kami belum pernah melihat langsung hasil pengerjaan di Mico Fatmawati, namun kami dengar banyak yang puas. Terima kasih.

      Hapus
  86. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  87. Selamat siang,, mohon info utk jahit jas pengantin di Surabaya yg cukup ok. Terima kasih banyak infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dari daftar di atas, sepertinya hanya Wong Hang yang memiliki cabang di Surabaya. Memang pusatnya di sana. Terima kasih.

      Hapus
  88. Hello, apakah panduan ini masih valid tahun 2017?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo. Sebagian masih relevan, namun juga ada yang sudah mengalami perubahan harga. Kami belum sempat melakukan update lagi. Terima kasih.

      Hapus
  89. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  90. Halo, boleh info salah satu penjahit di daerah Senen jakpus yang model nya bisa macam2 dan slim fit? saya cuma dapet referensi dari temen dulu jahit disana sebelum ada kebakaran tapi contact nya lost.. boleh info mgkn temen2 disini ada yang tau? soalnya budget terbatas hehe.. thanks before

    BalasHapus
  91. Halo, mau tanya apa list tailor di atas juga menerima permak jas yg bukan jahitan mereka? Jadi saya punya jas yang butuh permak minor terkait panjang lengannya, dan saya sedang cari rekomendasi utk tempat permak yang bagus. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kami pernah mendengar beberapa tailor yang ada di list juga menerima permak, tapi harganya cukup tinggi. Mungkin Anda bisa coba menghubungi beberapa nama di atas dan jelaskan kalau permaknya hanya minor saja. Kalau permak yang cukup besar kemungkinan besar akan ditolak rasanya. Terima kasih.

      Hapus
    2. halo, saya mau nanya nih, saya berminat di bidang fashion khususnya jas utk pria, apakah ada kursus pembuatan jas pria di jakarta atau surabaya yg mungkin admin kenal? thanks before

      Hapus
    3. Kalau kursus pembuatan jas kami kurang tahu. Kalau untuk belajar desain baju atau menjahit ada berbagai kursus yang ada di Jakarta dan Surabaya. Terima kasih.

      Hapus
  92. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  93. Bagaimana dengan harga jahit jass wedding 1 stel di laxmi? Mohon pencerahan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya mirip dengan harga satu setel jas di Laxmi, sesuai dengan yang ada di tulisan di atas. Terima kasih.

      Hapus
  94. Dear Pakai Apa,

    Boleh beritahu referensi range harga untuk jait celana formal saja kah?

    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di daftar tailor yang disebutkan, mayoritas harganya sekitar Rp 500 ribu ke atas. Semoga cukup membantu.

      Hapus
  95. Dear pakai apa,

    Boleh minta detail info tailor yang rekomendasi untuk jahit kemeja dengan model frenchcuff dengan harga miring hasil bagus. Sekalian bisikin range harganya.karena melihat barang store lumayan jg harganya. Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin bisa mencoba di A&E, Elegante, atau Wong Hang. Sepertinya harganya masih relatif lebih bersahabat dan style mereka cocok dengan yang ingin kemeja fit. Terima kasih.

      Hapus
    2. Baik nanti dicari tau refrensinya. Terima kasih atas masukannya.. Sukses selalu

      Hapus
  96. Dear The Archetype.
    Ingin minta rekomendasi, untuk pembuatan jas "anak muda" dengan budget 3 juta?
    Beberapa waktu lalu saya dpt info di A&E Tailor 1 stel jas mulai dengan harga 4 juta.
    Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear The Archetype.
      Ingin minta rekomendasi, untuk pembuatan jas "anak muda" dengan budget 3 juta?
      Beberapa waktu lalu saya dpt info di A&E Tailor satu stel jas mulai dengan harga 4 juta.
      Terima kasih.

      Hapus
    2. Halo. Kalau tidak salah ongkos pembuatan mereka masih Rp 3 juta. Coba saja ditanyakan. Selain itu, mungkin di Elegante harganya juga masih sekitar budget Anda. Terima kasih.

      Hapus
  97. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  98. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  99. Dear Admin,
    Mau nanya bagaimana review tentang Amar Tailor dan Atung Tailor Ps Baru? Lebih prefer yg mana jika mau menjahit jas tipe slim fit (style lebih anak muda).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo. Maaf baru sempat membalas. Antara dua itu kami baru sempat melihat sekilas. Sepertinya Amar lebih cocok untuk style yang lebih muda, namun kualitas Atung sepertinya lebih baik. Keduanya tapi memang masih di bawah standar tailor yang kami rekomendasikan di tulisan. Semoga membantu.

      Hapus
  100. mau nanya yang bisa bikin double breasted suit dimana ya dan kirakira kisaran harganya berapa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo. Kami pikir semuanya bisa membuat double breasted suit. Mungkin kalau Anda ingin yang bisa diajak berkonsultasi dengan baik bisa mencoba ke A&E atau Brillington. Keduanya memiliki potongan yang cukup modern namun masih klasik. Terima kasih.

      Hapus

Label

2015 2016 2018 abadi abu adidas aksesori all star antik argyle arloji asgar asia asli aturan badan bahan baju koko baju tikim bandung barbershop batik batu tulis bau bau kaki bau mulut bekas belah belanja bespoke betawi biru blake stitch blazer blok m bomber boot break brewok budaya bulu hidung buntut kuda button down canvassed cardigan cedar celana cerruti charcoal chief chino chromexcel chuck chukka clarks cokelat common projects conor mcgregor converse corrected grain cuaca cuff cukur custom daftar belanja dasi daytona definisi dekade denim department store derby desert boot detail dimensi dimple diskon diver double breasted dress shirt dress watch dry clean ekspektasi ekspresi ekuator elegan esensial etika film fit fitting floyd mayweather formal four in hand fred perry full grain fused gantungan garut gaya gazelle gentleman german army trainers goodyear welt grooming gulung h&m halitosis hamilton hanger harga harrington hati henry poole higienis hitam homage horologi horween hujan huntsman ide idul fitri ikat ikat pinggang iklim india indonesia inggris instagram interstellar ivy league jakarta jaket jaket denim jaket jeans jaket kulit jalan sriwjaya jam jam dinding jam tangan james bond jas jas abu jas biru jas hitam jas navy jeans joko widodo jokowi kaki kancing kancing bawah kantor kaos kaos dalam kaos kaki kaos polo karakter kasual katun kelengan kemeja kerah kerah mandarin kerja khas kingsman klasik knot koleksi kotak jam krem kualitas kuantitas kulit kumis kumparan kuno la la land lacoste laundry layrite leather lebaran lem lesung levis liburan linen loafer loake lokal london lou m&s mayestik meter militer millenial minyak rambut mod mood motif mr porter musim musim hujan musim panas nato strap navy new balance nike nilon northampton obama ocbd olahraga ongkos orient oris outfit oxford pakaian pakaian kerja pakaian pria palsu panas pangkas rambut parisian gentleman pasar baru pasar senen paul newman payung penampilan penatu penjahit perawatan jas perawatan sepatu permak pernikahan pertumbuhan pinstripe pocket square pokok pola polo pomade pompadour popover potongan presiden pria proses proyek puasa punk putih ralph lauren rambut rantai renang replika resmi resolusi respon pembaca review ritel rolex rompi rtw safari sale sandal saputangan sartorial savile row secondhand seiko semir sepatu sepatu lari seragam servis jam shoe tree side adjuster siluet simplea singapura skinhead sneakers sockless sogo sol sol karet sol kulit speedo sports jacket sporty stopngo strap suasana subkultur suede suit suitsupply sweater tailor tailored stories tali jam tali sepatu tasikmalaya tenun the jakarta post thom browne tinju tionghoa tip topi topside trademark travel tropis tubuh tui khim tuksedo tuxedo ukuran ulos undangan uniqlo vans vent vest vintage waistcoat wajib warna wingtip wol