Orient, Jam untuk Semua

14 April

oleh Takamoru Yoshida

Berbicara mengenai jam mekanis yang termasuk kategori “bang for the buck” atau terjangkau, Orient adalah salah satu merek yang paling sering disebut.

Dengan movement yang dibuat sendiri (in-house) dan variasi model yang beragam, wajar kalau Orient sering disarankan sebagai jam untuk mereka yang mulai antusias akan horologi atau sekedar ingin memiliki arloji yang berkualitas dengan harga bersahabat.


Walau merupakan anak perusahaan Seiko, Orient memiliki karakter sendiri. Perusahaan yang berdiri di Jepang tahun 1950-an ini membuat movement-nya in-house, yang sangat dihargai di dunia horologi (seni menghitung waktu). Beberapa tahun belakangan Orient kembali gencar memasarkan produknya di Indonesia, yang ditandai dengan dibukanya Orient Centre di Gedung Metro, Pasar Baru, Jakarta, sekitar enam tahun lalu.

Di sini kita bisa melihat beragam model jam yang ada, mulai dari dress watch sampai dive watch dengan harga dari kisaran Rp 2 juta (sebelum diskon). Bahkan kita bisa mendapatkan harga lebih bagus kalau niat menyeberang jalan dan menyambangi toko-toko jam di Pasar Baru, atau membeli online. Orient juga memiliki line yang cenderung lebih mahal, yaitu Orient Star dengan harga antara Rp 5 juta sampai Rp 9 juta.

Salah satu model yang paling sering disebut di forum jam adalah Orient Bambino. Dengan ukuran 40,5mm yang terbilang relatif standar untuk ukuran dress watch masa kini, Bambino akan saya sarankan bagi siapa saja yang berpikir untuk membeli jam Daniel Wellington. Harganya lebih murah, movement yang digunakan automatic, dan detail yang ada membuatnya tampak lebih menawan.

Orient juga sukses membuat desain jam diver dan pilot yang memiliki ciri khas sendiri, tanpa terlihat sebagai homage dari arloji mewah seperti Rolex, Omega, atau IWC. Orient Mako dan Ray adalah jam diver yang sering dibandingkan dengan Seiko SKX007 yang memang legendaris dan tahan banting. Sementara Orient Flight adalah modifikasi yang cukup menarik dari jam pilot di zaman Perang Dunia ke-II.


Semua jam yang disebutkan tadi bisa didapat dengan harga di bawah Rp 2 juta. Ukuran jam Orient rata-rata di antara 40-42mm yang merupakan standar ukuran arloji pria masa kini. Saya sendiri menyukai ukuran yang lebih kecil, di bawah 40mm, karena memiliki pergelangan tangan kecil. Namun ketika mencoba Bambino dan Ray, masih terlihat pantas.

Kualitas jam Orient bisa dilihat dari casing-nya yang terlihat bagus, buatannya rapi dan tidak terasa kasar. Tali bawaannya juga bisa dibilang cukup baik, tidak terasa murahan walaupun jamnya akan terlihat lebih menonjol kalau disandingkan dengan strap yang lebih bagus. Detail pada dial juga terlihat dibuat dengan teliti, dan komplikasi yang ada (seperti tanggal, hari, atau power reserve) ditempatkan sesuai fungsinya.

Dalam hal ketepatan waktu, menurut testimoni dari beberapa pemakai di berbagai forum jam Orient termasuk akurat. Hanya meleset beberapa detik dalam kurun waktu satu sampai dua minggu. Ini terbilang baik untuk movement mekanis. Kalau Anda menginginkan jam dengan akurasi sangat tepat, lihat saja ponsel Anda atau pakailah jam quartz yang menggunakan tenaga baterai.

Secara keseluruhan, Orient adalah jam yang patut direkomendasikan untuk siapa saja, baik penggemar jam atau pemakai yang mencari jam bagus dengan harga terjangkau. Mereka yang memiliki arloji mewah juga mungkin membutuhkan jam yang bisa dipakai beraktivitas santai tanpa takut jamnya akan tergores. Untuk berenang di pantai, misalnya.

Keterangan: Tulisan ini tidak disponsori. Produk yang ditulis bukan merupakan hasil pemberian atau kerja sama. Tulisan ini merupakan refleksi penulis pribadi.

You Might Also Like

8 comments

  1. Hallo mau tanya. Antara Seiko skx007 dengan Orient Flight, lebih pas yang mana untuk kegiatan sehari hari. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mereka adalah dua tipe jam yang berbeda. Flight itu jam aviator, sedangkan SKX007 jam diver. Keduanya bisa digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Dari segi harga, Flight lebih murah. Kalau ingin bisa dipakai menyelam juga, SKX007 lebih cocok. Untuk modelnya, tergantung selera Anda. Keduanya kami rekomendasikan.

      Hapus
  2. Dear Pakai Apa,

    Mau tanya apakah ada rekomendasi toko di pasar baru yang menjual produk orient lengkap selain yang ada di metro? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo. Ada beberapa toko di Pasar Baru yang menjual Orient dengan harga lebih affordable. Anda tinggal menyeberang jalan dan mengunjungi beberapa toko jam yang berada sejalan dengan toko kain. Selamat mencari.

      Hapus
    2. Apakah mereka menjual produk orient yang original?

      Hapus
    3. Sepengetahuan kami produknya asli. Ada garansi juga.

      Hapus
  3. Apa ciri jam tangan orient automatic ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo. Biasanya ada tulisan automatic di bagian dial. Kalau tidak ada, perhatikan saja apakah jamnya mati ketika di display toko. Kalau jam quartz biasanya terus menyala, kecuali tidak ada baterai di dalamnya.

      Hapus

Label

2015 2016 2018 abadi abu adidas aksesori all star antik argyle arloji asgar asia asli aturan badan bahan baju koko baju tikim bandung barbershop batik batu tulis bau bau kaki bau mulut bekas belah belanja bespoke betawi biru blake stitch blazer blok m bomber boot break brewok budaya bulu hidung buntut kuda button down canvassed cardigan cedar celana cerruti charcoal chief chino chromexcel chuck chukka clarks cokelat common projects conor mcgregor converse corrected grain cuaca cuff cukur custom daftar belanja dasi daytona definisi dekade denim department store derby desert boot detail dimensi dimple diskon diver double breasted dress shirt dress watch dry clean ekspektasi ekspresi ekuator elegan esensial etika film fit fitting floyd mayweather formal four in hand fred perry full grain fused gantungan garut gaya gazelle gentleman german army trainers goodyear welt grooming gulung h&m halitosis hamilton hanger harga harrington hati henry poole higienis hitam homage horologi horween hujan huntsman ide idul fitri ikat ikat pinggang iklim india indonesia inggris instagram interstellar ivy league jakarta jaket jaket denim jaket jeans jaket kulit jalan sriwjaya jam jam dinding jam tangan james bond jas jas abu jas biru jas hitam jas navy jeans joko widodo jokowi kaki kancing kancing bawah kantor kaos kaos dalam kaos kaki kaos polo karakter kasual katun kelengan kemeja kerah kerah mandarin kerja khas kingsman klasik knot koleksi kotak jam krem kualitas kuantitas kulit kumis kumparan kuno la la land lacoste laundry layrite leather lebaran lem lesung levis liburan linen loafer loake lokal london lou m&s mayestik meter militer millenial minyak rambut mod mood motif mr porter musim musim hujan musim panas nato strap navy new balance nike nilon northampton obama ocbd olahraga ongkos orient oris outfit oxford pakaian pakaian kerja pakaian pria palsu panas pangkas rambut parisian gentleman pasar baru pasar senen paul newman payung penampilan penatu penjahit perawatan jas perawatan sepatu permak pernikahan pertumbuhan pinstripe pocket square pokok pola polo pomade pompadour popover potongan presiden pria proses proyek puasa punk putih ralph lauren rambut rantai renang replika resmi resolusi respon pembaca review ritel rolex rompi rtw safari sale sandal saputangan sartorial savile row secondhand seiko semir sepatu sepatu lari seragam servis jam shoe tree side adjuster siluet simplea singapura skinhead sneakers sockless sogo sol sol karet sol kulit speedo sports jacket sporty stopngo strap suasana subkultur suede suit suitsupply sweater tailor tailored stories tali jam tali sepatu tasikmalaya tenun the jakarta post thom browne tinju tionghoa tip topi topside trademark travel tropis tubuh tui khim tuksedo tuxedo ukuran ulos undangan uniqlo vans vent vest vintage waistcoat wajib warna wingtip wol