Karuizawa, Alternatif Kemeja Custom

30 Oktober

Yang paling penting dari sebuah pakaian adalah fit. Bagaimana pakaian itu bisa pas dengan ukuran tubuh Anda, tidak kebesaran dan juga tidak kekecilan. Hal ini juga berlaku untuk kemeja.

Untuk mayoritas pria Indonesia yang tergolong jarang mengenakan jaket, kemeja dengan ukuran pas menjadi semakin penting karena terlihat jelas di mata. Dan bagi para pria yang tidak memiliki ukuran tubuh ideal, membeli kemeja ready to wear bisa cukup menantang. Kini, selain pergi ke tailor untuk membuat kemeja atau memermak kemeja RTW, ada sebuah alternatif.

Karuizawa di AEON - karuizawashirt.weebly.com
Saya menjumpai Karuizawa secara kebetulan ketika sedang ke mal AEON di BSD. Berasal dari Jepang, brand ini menawarkan pilihan kemeja custom dengan dua range harga: Rp 298 ribu untuk bahan katun poliester dan Rp 398 ribu untuk bahan katun 100%. Ada cukup banyak jenis bahan dan warna yang ditawarkan. Proses pembuatan memakan waktu sekitar 2 minggu.

Kita bisa memilih model kerah (cukup banyak variasi dari klasik sampai button down), cuff (dengan kancing atau untuk cufflinks), placket, serta kantong. Untuk beberapa detail lain, seperti kerah model tertentu dan warna kancing yang kontras dengan bahan, mereka mengenakan biaya tambahan.

Prosesnya sendiri cukup mudah. Kita akan diberikan semacam test shirt untuk mencoba ukuran. Test shirt ini cukup menarik karena lengan kanan dan kirinya memiliki ukuran berbeda, di mana lengan yang satu lebih slim dari yang sebelah.

Namun, tidak seperti tailor yang akan menjahit kemeja sesuai dengan ukuran tubuh kita, di sini ukuran kemeja custom memiliki keterbatasan. Misalnya, seorang pria dengan perut gemuk dan bahu cenderung kecil serta badan tidak terlalu tinggi akan kesulitan menemukan ukuran yang pas karena kemejanya akan dibuat mengikuti ukuran perutnya, sehingga kemungkinan bahunya akan terlalu lebar dan badannya masih panjang. Setidaknya itu kesimpulan dari pembicaraan saya dengan asisten toko di sana.

Mereka memiliki ukuran kemeja yang sudah ada. Dan berdasarkan test shirt yang cocok, mereka dapat menyesuaikan ukuran kerah dan lebar badan. Selain itu, mereka akan tetap menggunakan ukuran yang sudah ada. Kemungkinan besar ini terkait dengan masalah pola kemeja di pabrik mereka.

Bicara soal jahitan pun ada perbedaan. Bila di kemeja RTW mereka menggunakan sistem double stitch, maka di kemeja custom jahitan pinggirnya cukup diobras. Memang terlihat kurang rapih, tapi hal ini cukup umum dijumpai di tailor di Indonesia bahkan yang ternama.

Pada akhirnya, saya memutuskan untuk tidak mencoba Karuizawa karena keterbatasan masalah ukuran dan tidak menemukan bahan yang benar-benar cocok. Tapi saya rasa dengan harga itu dan pilihan model yang diberikan, brand ini bisa jadi pertimbangan bagi para pria yang mencari kemeja yang pas.

- Takamoru Yoshida

You Might Also Like

7 comments

  1. Dear Pakai Apa,

    Apakah ada rekomendasi lain untuk kemeja custom? atau mungkin kemera RTW yg memang menawarkan beberapa jenis kerah dan panjang lengan?

    Kebetulan saya hanya menggunakan kemeja putih atau biru muda. Apakah Karuizawa bahannya cukup baik?

    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo. Maaf kami baru bisa membalas sekarang. Kami kurang tahu di mana lagi bisa mencari kemeja custom. Kami pikir mungkin lebih baik ke tailor saja agar mendapatkan kemeja yang benar-benar pas.

      Kemeja RTW seperti TM Lewin menawarkan beberapa opsi fit dan panjang lengan. Mungkin bisa Anda coba. Bahan yang ada di Karuizawa menurut kami kualitasnya biasa aja, namun sebanding dengan harga yang ditawarkan.

      Semoga jawaban kami cukup membantu.

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Sebagai pria modern yang mencintai gaya klasik, I really love your contents! keep it up!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas pujiannya. Kami harap bisa terus konsisten mengisi blog ini.

      Hapus
  4. Karuizawa BSD ini sudah tutup yah? saya coba search mall directory dan googling tidak ada informasi apa2

    BalasHapus

Label

2015 2016 2018 abadi abu adidas aksesori all star antik argyle arloji asgar asia asli aturan badan bahan baju koko baju tikim bandung barbershop batik batu tulis bau bau kaki bau mulut bekas belah belanja bespoke betawi biru blake stitch blazer blok m bomber boot break brewok budaya bulu hidung buntut kuda button down canvassed cardigan cedar celana cerruti charcoal chief chino chromexcel chuck chukka clarks cokelat common projects conor mcgregor converse corrected grain cuaca cuff cukur custom daftar belanja dasi daytona definisi dekade denim department store derby desert boot detail dimensi dimple diskon diver double breasted dress shirt dress watch dry clean ekspektasi ekspresi ekuator elegan esensial etika film fit fitting floyd mayweather formal four in hand fred perry full grain fused gantungan garut gaya gazelle gentleman german army trainers goodyear welt grooming gulung h&m halitosis hamilton hanger harga harrington hati henry poole higienis hitam homage horologi horween hujan huntsman ide idul fitri ikat ikat pinggang iklim india indonesia inggris instagram interstellar ivy league jakarta jaket jaket denim jaket jeans jaket kulit jalan sriwjaya jam jam dinding jam tangan james bond jas jas abu jas biru jas hitam jas navy jeans joko widodo jokowi kaki kancing kancing bawah kantor kaos kaos dalam kaos kaki kaos polo karakter kasual katun kelengan kemeja kerah kerah mandarin kerja khas kingsman klasik knot koleksi kotak jam krem kualitas kuantitas kulit kumis kumparan kuno la la land lacoste laundry layrite leather lebaran lem lesung levis liburan linen loafer loake lokal london lou m&s mayestik meter militer millenial minyak rambut mod mood motif mr porter musim musim hujan musim panas nato strap navy new balance nike nilon northampton obama ocbd olahraga ongkos orient oris outfit oxford pakaian pakaian kerja pakaian pria palsu panas pangkas rambut parisian gentleman pasar baru pasar senen paul newman payung penampilan penatu penjahit perawatan jas perawatan sepatu permak pernikahan pertumbuhan pinstripe pocket square pokok pola polo pomade pompadour popover potongan presiden pria proses proyek puasa punk putih ralph lauren rambut rantai renang replika resmi resolusi respon pembaca review ritel rolex rompi rtw safari sale sandal saputangan sartorial savile row secondhand seiko semir sepatu sepatu lari seragam servis jam shoe tree side adjuster siluet simplea singapura skinhead sneakers sockless sogo sol sol karet sol kulit speedo sports jacket sporty stopngo strap suasana subkultur suede suit suitsupply sweater tailor tailored stories tali jam tali sepatu tasikmalaya tenun the jakarta post thom browne tinju tionghoa tip topi topside trademark travel tropis tubuh tui khim tuksedo tuxedo ukuran ulos undangan uniqlo vans vent vest vintage waistcoat wajib warna wingtip wol