Respon Pembaca: Memilih Bahan Jas

27 Mei

Melalui blog ini kami berharap untuk bisa berbagi informasi dan pengetahuan mengenai pakaian pria. Karena itu para pembaca yang ingin mengajukan pertanyaan, masukan, kritik, dan lainnya bisa mengirim ke: askthearchetype@gmail.com

Kali ini kami mendapatkan sebuah pertanyaan dari Michael:

Saya ditawari untuk bikin jas dan celana memakai bahan Cerruti 1881 Rp 5 juta. Apa bahan Cerruti itu bahan wool? Worth it kah? Katanya memakai 3,5 meter.

Trims.

Bila Anda memiliki postur tubuh sedang, umumnya memang penggunaan bahan untuk satu setel jas adalah 3,5 meter. Kalau Anda sedikit lebih kurus bisa di bawah itu, sekitar 3,25 meter. Yang bertubuh besar bisa memakai bahan 3,75 meter. Tailor atau toko yang menjual bahan bisa memberikan saran berapa banyak bahan yang Anda butuhkan. Sayangnya ada beberapa toko yang suka melakukan mark up agar Anda membeli bahan lebih banyak.

Cerruti 1881 berawal dari sebuah pabrik tekstil yang didirikan oleh kakek Nino Cerruti pada tahun 1881 di Biella, Italia. Bahan jas yang berasal dari kawasan ini termasuk bahan yang bagus dan banyak digunakan oleh berbagai brand di dunia. Kemudian Nino mendirikan Cerruti di Paris yang menjual berbagai macam produk dari pakaian sampai jam tangan. Sekarang Cerruti dimiliki oleh perusahaan Hong Kong, Trinity Ltd, yang juga adalah pemilik tailor kenamaan Savile Row, Gieves & Hawkes.

Pertanyaan Anda, apakah bahan Cerruti itu wol agak sulit dijawab tanpa melihat bahannya langsung. Cara termudah untuk mengetahui bahan wol 100% mungkin dengan cara membakar sebagian kecil bahannya. Kalau dibakar lalu menggumpal seperti plastik, maka bahannya memiliki campuran poliester. Bahan wol murni ketika dibakar akan mengeluarkan bau seperti rambut dibakar, dan juga tidak menggumpal. Sayangnya cara ini tidak bisa 100% akurat juga. Cara lainnya yang dijamin akurat adalah dengan mengirimkan sampel bahan ke laboratorium untuk diuji, namun hal ini hampir tidak mungkin dilakukan oleh konsumen.

Selvedge Bahan Jas - tailormadelondon.com
Harga Rp 5 juta (termasuk bahan) yang ditawarkan terbilang standar untuk ukuran tailor sekarang. Tidak murah, tapi juga tidak mahal. Anda mungkin bisa mengecek harga bahannya per meter di toko bahan di Pasar Baru atau Mayestik untuk komparasi. Atau tanya saja ke tailor Anda berapa ongkos jahitnya saja kalau Anda membawa bahan sendiri. Kami juga merekomendasikan toko Abadi di Plaza Indonesia kalau Anda ingin mencari bahan jas yang bagus.

Kalau Anda memutuskan pergi ke Pasar Baru atau Mayestik, coba cari bahan wol 100%. Anda bisa meminta tes bahan dengan dibakar kalau tidak yakin dengan keaslian bahannya. Jangan tergiur dengan angka super 150 ke atas yang tertera di bahan karena banyak bahan palsu yang beredar dengan nama desainer terkenal di bagian selvedge. Bisa saja ternyata bahannya campuran poliester. Bahan wol super 100 atau 120 sudah sangat bagus untuk jas yang bisa sering Anda pakai. Semakin besar angka super memang berarti bahannya lebih halus, namun ini juga berarti bahannya lebih rapuh dan lebih gampang rusak.

Semoga jawaban kami membantu.

You Might Also Like

17 comments

  1. Punya saran nama bahan jas dgn kualitas dan harga oke?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harga oke itu relatif tergantung setiap orang. Bahan jas yang bagus dan 100% wol ada banyak. Yang cukup sering ditemukan di toko bahan di Jakarta adalah VBC, Dormeuil, Scabal, Zegna.

      Hapus
  2. ada rekomendasi toko spesifik untuk mencari kain di pasar baru? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Grup Alta Moda memiliki cukup banyak pilihan bahan untuk jas, dari semi wol sampai wol 100%.

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Qlo buat jas berbahan yg tertera di kain tsb 180 s dg 360 s made in italy kira2 brp ya harganya min?
    Tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepengetahuan kami, umumnya kain dengan label berembel-embel super 180 yang dijual di Indonesia itu mayoritas bukan asli super 180. Apalagi kalau harganya di bawah Rp 1 juta per meter. Coba saja Anda minta bahannya dibakar untuk mengetahui wol 100% atau bukan.

      Hapus
  5. jika ditawarkan Rp 6.500.000,- u/ 1 stel jas, kemeja, vest, dasi bahan wool italy/england dari tailor H*rry P*lm*r. Harga sudah termasuk murah/standar ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak termasuk murah. Relatif harga yang standar dikenakan untuk calon pengantin.

      Hapus
  6. Mau nanya utk soal bahan salvatore ferragamo dengan zigna dan cerruti bagus yg mana ya? Krna range hrga hmpir sama

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kami kurang tahu kualitas bahan Ferragamo. Apakah asli atau tidak. Lebih baik memilih Zegna atau Cerrutti. Hati-hati juga karena banyak bahan Zegna dan Cerrutti yang palsu.

      Hapus
  7. Mau tanya, untuk membuat hopsack, fabric apa yang direkomendasikan admin ya? Salah satu tailor merekomendasikan VBC. Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hopsack VBC bagus. Kami juga pernah melihat Holland & Sherry. Coba saja tanyakan ke tailor Anda. Terima kasih.

      Hapus
  8. Kalo john foster dan fustano gimana min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kami kurang tahu soal Fustano. John Foster kalau asli bagus, karena sepertinya ada versi palsunya.

      Hapus
  9. Saya mau nanya, karena ngobrol sama penjual katanya banyak VBC palsu di Indo. saya mau beli VBC jadi ragu, tau gak beli VBC yang asli dimana? Alta moda group soalnya gak ada VBC. sebenarnya saya hanya nyari bahan 100% wool dengan harga yang masih relatif murah dan saya menemukan VBC bagus. mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo. Memang yang menjual VBC termasuk jarang. Kami lebih sering melihat VBC di tailor. Mungkin saran kami untuk menghubungi tailor A&E atau Brillington karena mereka memegang VBC dan harganya relatif masih bagus. Semoga membantu.

      Hapus

Label

2015 2016 2018 abadi abu adidas aksesori all star antik argyle arloji asgar asia asli aturan badan bahan baju koko baju tikim bandung barbershop batik batu tulis bau bau kaki bau mulut bekas belah belanja bespoke betawi biru blake stitch blazer blok m bomber boot break brewok budaya bulu hidung buntut kuda button down canvassed cardigan cedar celana cerruti charcoal chief chino chromexcel chuck chukka clarks cokelat common projects conor mcgregor converse corrected grain cuaca cuff cukur custom daftar belanja dasi daytona definisi dekade denim department store derby desert boot detail dimensi dimple diskon diver double breasted dress shirt dress watch dry clean ekspektasi ekspresi ekuator elegan esensial etika film fit fitting floyd mayweather formal four in hand fred perry full grain fused gantungan garut gaya gazelle gentleman german army trainers goodyear welt grooming gulung h&m halitosis hamilton hanger harga harrington hati henry poole higienis hitam homage horologi horween hujan huntsman ide idul fitri ikat ikat pinggang iklim india indonesia inggris instagram interstellar ivy league jakarta jaket jaket denim jaket jeans jaket kulit jalan sriwjaya jam jam dinding jam tangan james bond jas jas abu jas biru jas hitam jas navy jeans joko widodo jokowi kaki kancing kancing bawah kantor kaos kaos dalam kaos kaki kaos polo karakter kasual katun kelengan kemeja kerah kerah mandarin kerja khas kingsman klasik knot koleksi kotak jam krem kualitas kuantitas kulit kumis kumparan kuno la la land lacoste laundry layrite leather lebaran lem lesung levis liburan linen loafer loake lokal london lou m&s mayestik meter militer millenial minyak rambut mod mood motif mr porter musim musim hujan musim panas nato strap navy new balance nike nilon northampton obama ocbd olahraga ongkos orient oris outfit oxford pakaian pakaian kerja pakaian pria palsu panas pangkas rambut parisian gentleman pasar baru pasar senen paul newman payung penampilan penatu penjahit perawatan jas perawatan sepatu permak pernikahan pertumbuhan pinstripe pocket square pokok pola polo pomade pompadour popover potongan presiden pria proses proyek puasa punk putih ralph lauren rambut rantai renang replika resmi resolusi respon pembaca review ritel rolex rompi rtw safari sale sandal saputangan sartorial savile row secondhand seiko semir sepatu sepatu lari seragam servis jam shoe tree side adjuster siluet simplea singapura skinhead sneakers sockless sogo sol sol karet sol kulit speedo sports jacket sporty stopngo strap suasana subkultur suede suit suitsupply sweater tailor tailored stories tali jam tali sepatu tasikmalaya tenun the jakarta post thom browne tinju tionghoa tip topi topside trademark travel tropis tubuh tui khim tuksedo tuxedo ukuran ulos undangan uniqlo vans vent vest vintage waistcoat wajib warna wingtip wol